Momen Megawati Kagumi Tumbler Bambu Karya Kerajinan Jawa Barat

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan pelaku UMKM di Rakernas PDIP, Jiexpo
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan(PDIP) kali ini berbeda dengan sebelumnya. Dalam Rakernas ini, tema yang diangkat yaitu 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat'. 

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

PDIP dalam Rakernas ke-4, PDIP juga menggelar pameran Pangan Expo 2023 yang menyajikan berbagai macam jenis produk pertanian, peternakan, hingga kerajinan tangan UMKM seluruh Indonesia.

Pameran Pangan Expo 2023 sebagai pasar gotong royong itu diinisiasi PDIP untuk mempromosikan beberapa produk pertanian dan peternakan unggulan dari seluruh Indonesia.

Utut Hadianto Deg-degan Pidato Perdana di PKS, Sindir PDIP Tak Punya Aturan Pilih Ketua Umum

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang didampingi bakal Capres Ganjar Pranowo, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP Bidang Ekonomi Kreatif PDI Perjuangan Prananda Prabowo sempat meninjau langsung ratusan stand di lokasi Rakernas Jiexpo, Kemayoran.

Megawati Soekarnoputri, Penutupan Rakernas PDI-P

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Stan itu menampilkan karya petani dan pengrajin UMKM tradisional binaan partai berlogo banteng moncong putih tersebut.

Salah satu stand yang didatangi Megawati adalah booth Media Pintar Perjuangan (MPP). Stand MPP menyuguhkan beberapa produk kerajinan unggulan dari berbagai daerah. Menariknya, produk kerajinan itu juga bisa dipesan di Aplikasi MPP milik PDIP.

Pun, di booth itu, Megawati tertarik dengan karya Tumbler yang terbuat dari bambu. Presiden ke-5 RI itu pun sempat berbincang-bincang dengan tokoh muda Jawa Barat, Arief Rachman.

Megawati berbincang dengan Arief yang merupapkan bagian dari MPP. Megawti mencari tahu jenis bambu yang digunakan sebagai pelapis Tumbler atau tempat minum air modern tersebut.

Penutupan Rakernas IV PDI-P

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam kesempatan iti, Arief yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP Banteng Muda Indonesia (BMI) itu memperkenalkan berbagai macam kerajinan tangan khas Jawa Barat yang terbuat dari bambu kepada Megawati.

"Salah satunya tempat air minum (Tumbler) Bambu ini. Dan produk UMKM ini kita pasarkan di aplikasi Media Pintar Perjuangan (MPP) PDI Perjuangan," kata Arief Rachman saat ditemui di Hall B, JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 1 Oktober 2023.

Arief menyebut Jawa Barat punya banyak pengrajin bambu tradisional. Bagi dia, dengan Rakernas PDIP itu dipersepsikan dukung pengembangan produk-produk UMKM Jawa Barat agar punya nilai tambah secara ekonomi. 

"MPP adalah aplikasi dari PDI Perjuangan menjadi jawaban pasti Digitalisasi Ekonomi Kreatif adalah keharusan di era modern saat ini," ujarnya.

Meski demikian, dia menuturkan tak akan melupakan dan mengurangi nilai budaya Indonesia yang kaya raya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya