Jokowi: Saya Dengar Ada ASN yang Tidak Senang Pindah ke IKN

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengar ada aparatur sipil negara (ASN) yang tidak senang untuk pindah dinas ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan arahan dalam kegiatan rapat kerja nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Rakernas Korpri) tahun 2023, di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Selasa, 3 Oktober 2023.

“Mengenai IKN berkaitan dengan perpindahan. Artinya, bapak ibu sekalian. Saya dengar ada yang senang, ada yang enggak senang. Tapi ingat bapak ibu,” kata Jokowi.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Presiden Jokowi

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Perlu diketahui, kata Jokowi, Indonesia memiliki 17.000 pulau salah satunya Pulau Jawa yang dihuni 56 persen dari total 278 juta penduduk yaitu sekitar 150 juta hidup di Pulau Jawa.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

“Daya dukungnya sudah enggak kuat Pulau Jawa ini, perputaran uang, perputaran ekonomi 58 persen ada di Jawa,” ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, Jakarta merupakan daerah yang begitu padat, sangat kompleks permasalahannya. Karena bisnis ada disini, ekonomi ada disini, pendidikan ada disini, pariwisata juga ada di sini.

Presiden Jokowi di acara Pembukaan Rakernas KORPRI, Jakarta, 3 Oktober 2023

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

“Sehingga, perlu digeser agar Indonesia sentris, pindah ke Kalimantan Timur, ke nusantara. Kita buruh Indonesia sentris, bukan Jawa sentris sehingga perlu pemerataan,” jelas dia.

Maka dari itu, Jokowi mengatakan untuk memulainya di IKN Nusantara perlu aparatur sipil negara (ASN). Sebab, kata dia, IKN Nusantara merupakan masa depam baru.

“Memang butuh jiwa pionir. Dulu ditempatkan di luar Jawa saat zaman-zaman dulu kan biasa saja, sekarang kok jadi keliatannya kok agak rumit? Tapi kalau sudah ditunjuk bapak pindah, bapak pindah, ibu pindah. Moga-moga semuanya selesai,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya