HUT ke-78 TNI, Puluhan Personel Bakal Demo Udara Lewat Terjun Payung

Asisten Personel Panglima TNI, Marsda TNI Arif Widianto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Oktober 2023 mendatang.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Asisten Personel Panglima TNI, Marsda TNI Arif Widianto mengatakan, tema yang diangkat pada peringatan HUT ke-78 TNI ialah 'TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju'. Tema itu diangkat untuk menunjukkan bahwa TNI selalu setia pada bangsa dan negara Indonesia.

"Ini menandakan bahwa TNI sebagai salah satu pengawal pertahanan dan tentunya tergabung dalam matra darat, laut dan udara yang selalu kokoh dan kuat dan akan selalu setia pada bangsa dan NKRI," kata Arif dalam konferensi pers di Monas, Selasa, 3 Oktober 2023.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Personel TNI latihan aksi terjun payung di Monas untuk peringatan HUT ke 78 TNI.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

"Dan bersinergi dengan masyarakat untuk bersama-sama dalam rangka mendukung Indonesia maju," katanya. 

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Dalam peringatan HUT ke-78 TNI, Arif menyebutkan, akan dilaksanakan pameran alutsista hingga demo udara oleh personel TNI dan Polri.

"Dalam kegiatan HUT TNI ke-78 ini dilaksanakan secara besar-besaran, salah satunya adalah pengerahan alutsista. Kemudian demonya ada beberapa demo, yang pertama demo udara," katanya.

Demo udara awalnya dilakukan dengan aksi terjun payung yang diikuti 78 personel baik dari TNI maupun Polri. Kegiatan dilanjutkan dengan aksi flypass.

"Demo udara ini pertama diawali dengan terjun payung yang terdiri dari 78 personel. Ini melambangkan bahwa hari ulang tahun ke-78 yang terdiri dari TNI dan Polri. Dilanjutkan dengan flypass yang membawa bendera raksasa," kata dia.

"Kami melaksanakan flypass gabungan dari darat, laut, udara dari berbagai tipe pesawat," kata Arif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya