Jokowi Naik Tank Amfibi Marinir Inspeksi Pasukan di HUT TNI ke-78

Presiden Jokowi inspeksi barisan HUT TNI-78 dengan Tank Amfibi di Lapangan Monas
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-78 TNI yang digelar di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2023.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Selaku Inspektur Upacara, Presiden Jokowi yang mengenakan jas lengkap dengan kopiah hitam melakukan inspeksi pasukan, didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Komandan Upacara Mayjen TNI Choirul Anam yang saat ini menjabat Pangdiv Infanteri 3/Kostrad.

Komandan Upacara Mayjen Choirul Anam sebelumnya menyampaikan laporan kepada Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara bahwa upacara siap dilaksanakan, dan Presiden berkenan memeriksa atau inspeksi pasukan. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Presiden Jokowi naik tank Indonesia-1 di upacara HUT ke-78 TNI

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Puspen TNI

Selanjutnya, sebuah Tank Amfibi Marinir mendekat ke podium kehormatan dan menjadi kendaraan yang ditumpangi Presiden Jokowi bersama Panglima TNI dan Komandan Upacara untuk menginspeksi barisan.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Dengan pengawalan anggota Paspampres, Presiden Jokowi memeriksa satu persatu barisan pasukan TNI yang berbaris sejak pagi di lapangan Monas. 

Diketahui, Peringatan HUT TNI pada tahun ini mengangkat tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”. 

Dalam upacara ini, Jokowi dijadwalkan akan memberikan tanda kehormatan yang diberikan kepada perwakilan penerima tanda kehormatan yakni Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko, (Pangdam XIII/Merdeka), Mayjen TNI (Mar) Markos, (Assisten Potensi Maritim Kasal) dan Marsda TNI Andi Kustoro, (Panglima Komando II).

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di upacar HUT ke-78 TNI.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Puspen TNI

Hingga saat ini, upacara HUT TNI masih berlangsung di Monas. TNI menyiapkan ragam atraksi dan pertunjukan dalam upacara itu, termasuk di antaranya parade alutsista dan pasukan.

Setidaknya ada 4.630 prajurit TNI dan 130 alutsista dari tiga matra yang terlibat dalam Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI.

TNI juga menyiapkan atraksi udara yang diawali dengan aksi terjun payung dari 78 prajurit TNI dan anggota Polri, kemudian manuver Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU yang menerbangkan pesawat latih KT-1B Wongbee, bersama Tim Dynamic Pegasus TNI AU, yang menerbangkan helikopter Colibri.

Perayaan HUT TNI ini juga akan dimeriahkan dengan "defile" pasukan dan parade puluhan kendaraan tempur dan alat sistem persenjataan utama (alutsista) yang rencananya berparade dari Monas menuju Bundaran HI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya