Penampilan Gagah SBY Berseragam Lengkap TNI Bintang Empat di HUT TNI ke-78

Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono hadiri HUT TNI ke 78
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri upcara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI yang digelar di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2023. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

SBY tampil gagah dengan pakaian dinas upacara (PDU) TNI dengan bintang 4 di pundak. SBY duduk di sebelah Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Penampilan SBY lengkap dengan PDU di acara HUT TNI pasca purna tugas sebagai Presiden RI, memang bukan pertama kalinya. SBY pada tahun 2019, saat peringatan HUT TNI ke-74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, juga hadir dengan seragam PDU. 

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Selain SBY, beberapa purnawirawan jenderal TNI juga nampak hadir dengan seragam PDU. Antara lain, mantan Wapres Try Sutrisno, mantan KSAL Laksamana (purn) Marsetio, Laksamana (purn) Soeparno, Laksamana (purn) Ade Supandi, mantan KSAU Marsekal (purn) Imam Sufaat. 

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono hadir di HUT TNI ke-78 di Monas

Photo :
  • Puspen TNI
PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

SBY merupakan lulusan terbaik Akademi TNI tahun 1976 peraih Adhi Makayasa dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Staf Teritorial ABRI.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI yang digelar di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2023.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Mayjen TNI Choirul Anam yang saat ini menjabat Pangdiv Infanteri 3/Kostrad.

Peringatan HUT TNI pada tahun ini mengangkat tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”. 

Dalam upacara ini, Jokowi dijadwalkan akan memberikan tanda kehormatan yang diberikan kepada perwakilan penerima tanda kehormatan yakni Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko, (Pangdam XIII/Merdeka), Mayjen TNI (Mar) Markos, (Assisten Potensi Maritim Kasal) dan Marsda TNI Andi Kustoro, (Panglima Komando II).

Presiden Jokowi inspeksi barisan HUT TNI-78 dengan Tank Amfibi di Lapangan Monas

Photo :
  • Puspen TNI

Hingga saat ini, upacara HUT TNI masih berlangsung di Monas. TNI menyiapkan ragam atraksi dan pertunjukan dalam upacara itu, termasuk di antaranya parade alutsista dan pasukan.

Setidaknya ada 4.630 prajurit TNI dan 130 alutsista dari tiga matra yang terlibat dalam Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI.

TNI juga menyiapkan atraksi udara yang diawali dengan aksi terjun payung dari 78 prajurit TNI dan anggota Polri, kemudian manuver Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU yang menerbangkan pesawat latih KT-1B Wongbee, bersama Tim Dynamic Pegasus TNI AU, yang menerbangkan helikopter Colibri.

Perayaan HUT TNI ini juga akan dimeriahkan dengan "defile" pasukan dan parade puluhan kendaraan tempur dan alat sistem persenjataan utama (alutsista) yang rencananya berparade dari Monas menuju Bundaran HI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya