PPATK Temukan Indikasi Pencucian Uang di Kasus Syahrul Yasin Limpo

Politikus Nasdem Syahrul Yasin Limpo mundur dari posisi Menteri Pertanian.
Sumber :
  • ANTARA Foto

Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sudah menemukan indikasi tindak pidana pencucian uang dalam kasus dugaan korupsi Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL). Dalam temuannya, PPATK menyebut sudah melakukan koordinasi dengan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Kata Kepala Bea Cukai Purwakarta Dituding Punya Harta Fantastis

"Setiap hasil analisis yang disampaikan oleh PPATK, kuat telah melakukan indikasi tindak Pidana Pencucian Uang. Sudah menyampaikan Laporan hasil analisis terkait para pihak dengan yang bersangkutan beberapa bulan lalu," kata Humas PPATK, Natsir Kongah saat dihubungi, Jumat, 6 Oktober 2023.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Photo :
  • Zendy Pradana/ VIVA.
Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan, 2 Pemuda Tanggung Biadab Cekoki Lalu Perkosa Siswi SMP

Kendati demikian, Natsir belum menjelaskan secara detail terkait tindak pidana asal di kasus dugaan korupsi yang menjerat Syahrul Yasin Limpo itu. 

"Untuk tindak pidana asalnya seperti apa silahkan berkoordinasi dengan penyidik yang ada," pungkasnya.

Bareskrim Tangkap 142 Tersangka dan Minta Blokir 2.862 Website Judi Online

Sebelumnya KPK melakukan penggeledahan terhadap kediaman rumah dinas Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2023.

Dari penggeledahan tersebut, pihak KPK telah mengamankan sejumlah senpi yang ditemukan ketika melakukan penggeledahan. Selain itu juga, KPK menemukan mata uang rupiah dan mata uang asing dengan jumlah miliaran.

"Kami jelaskan bahwa kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian daerah (Polda) DKI Jakarta, tentunya terkait dengan temuan yang ada dalam proses penggeledahan yang dimaksud," ujar Ali Fikri kepada wartawan, Jumat 29 September 2023.

Ali juga menyebut dalam dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian RI sudah ada tersangka yang telah ditetapkan. Kendati, KPK belum merincikan identitas tersangka itu.

"Seringkali sudah kami jelaskan bahwa siapa yang ditetapkan sebagai tersangka, konstruksi perkaranya seperti apa, pasti pada saatnya akan kami sampaikan," kata Ali.

KPK geledah rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo di Makassar

Photo :
  • VIVA/Supriadi Maud

Mentan Syahrul Yasin Limpo pun resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Menteri Pertanian RI kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat pengunduran diri itu diserahkan melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Pengunduran dirinya dari jabatan Mentan menyusul kasus hukum yang tengah membelitnya. Syahrul Yasin Limpo dikabarkan sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Dia mengaku ingin fokus menghadapi proses hukum.

"Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang saya hadapi, dan saya harus siap menghadapi secara serius," kata Syahrul Yasin Limpo di kantor Setneg, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya