Boyamin MAKI Speechless soal Foto Firli Ketemu Syahrul Yasin Limpo: Sedih dengan Ulahnya!

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia Boyamin Saiman.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus.

Jakarta – Koordintor Masyarakat Antikorupsi (MAKI) Boyamin Saiman memberikan sebuah desakan kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri untuk memberikan sebuah klarifikasi atas beredarnya foto asik mengobrol dengan mantan Mentan RI Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis.

Hakim Tunda Sidang Kasus Korupsi Kementan Gegara SYL Diare

"Wajib hukumnya (KPK dan Firli Bahuri) untuk klarifikasi (foto tersebut)," ujar Boyamin kepada wartawan, Jumat 6 Oktober 2023.

Desakan itu dilakukan Boyamin setelah foto tersebut mencuat ketika Polda Metro Jaya mengatakan ada sebuah pengaduan terkait dengan dugaan pemerasan yang dilakukan Firli Bahuri.

Dirjen Kementerian Pertanian Bela-belain Patungan Rp500 Juta Buat Beliin Mobil Anaknya SYL

Boyamin menjelaskan tujuan desakan tersebut untuk memastikan penegakan hukum dalam perkara korupsi di Kementan, yang juga diduga menyeret nama Mentan Syahrul. "Betul (demi kepastian hukum)," kata Boyamin.

Akan sangat memprihatinkan jika foto kedekatan Firli dengan SYL itu benar adanya. Terlebih hal itu merujuk pada dugaan pemerasan.

Saksi Ungkap Kaca Mata SYL Dibeli Pakai ‘Uang Haram’ Kementerian Pertanian

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Istimewa

"Memprihatinkan karena dugaan pemberantasan korupsi ditunggangi oleh dugaan korupsi. Jika benar adanya, yang malu bukan hanya insan KPK saja tapi seluruh rakyat Republik Indonesia," ucapnya.

Bahkan, Boyamin juga memunta kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK segera mengambil langkah atas foto pertemuan Firli dengan Mentan Syahrul. "Dewas harus pro aktif, jangan nunggu aduan masyarakat," beber Boyamin.

"Maaf, aku sudah tidak bisa berkata lagi karena sedih dengan ulah Firli," imbuhnya.

Sebelumnya, Beredar sebuah foto yang menampilkan keakraban antara ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang asik mengobrol dengan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulu tangkis. 

Saat ini diketahui kalau Mentan RI tengah berperkara di lembaga antirasuha terkait dengan dugaan korupsi di Kementan RI.

Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung Merah Putih, Kamis 5/9

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Firli tampak mengenakan pakaian olahraga bulu tangkis warna dominan biru gelap dan putih. Terlihat pula, Syahrul Yasin Limpo tampak mengenakan batik berkelir dan celana jeans biru.

Padahal, Firli sempat mengatakan kalau dirinya dan KPK tidak akan melakukan hubungan dengan seseorang yang tengah berperkara di lembaga antirasuah.

"Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran saya, memang saya sering melakukan olahraga bulu tangkis. Setidaknya itu dua kali dalam seminggu," ujar Firli kepada wartawan saat konferensi pers di gedung merah putih KPK pada Kamis 5 Oktober 2023 malam.

Firli disitu juga berbicara kalau dirinya hanya mengenal Menteri Syahrul Yasin Limpo di dalam susunan Kementerian Pertanian RI."Saya di kementerian Pertanian itu kenalnya hanya menteri (Syahrul Yasin Limpo)," kata dia

Pun, kata dia, pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo hanya dilakukan ketika melakukan rapat kabinet paripurna.

"Disaat rapat terbatas maupun sidang kabinet paripurna. Bahkan ada waktu itu saya selalu bicara dengan para menteri sebelum sidang kabinet paripurna. Itu diambil fotonya, jadi saya kira apalagi kalau Pejabat pejabat di bawah menteri saya tidak ada yang kenal," bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya