Innalillahi, Cak Anam Mantan Ketua PKB Jatim Meninggal Dunia

Choirul Anam atau Cak Anam, Mantan Ketua PKB Jatim
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Surabaya - Kabar duka datang dari Jawa Timur. Politikus senior Choirul Anam atau Cak Anam meninggal Dunia di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), pada Senin, 9 Oktober 2023. Almarhum Cak Anam dikabarkan akan dimakamkan di Jombang.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Informasi meninggalnya pendiri Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) itu beredar cepat di grup-grup WhatsApp dan media sosial. Maklum, selain sebagai politikus, semasa hidup Cak Anam juga dikenal sebagai aktivis NU dan Ketua PKB Jatim pertama.

Choirul Anam alias Cak Anam.

Photo :
  • VIVAnews/Nur Faishal
Ketua Nasdem Lucky Hakim Daftar Calon Bupati Indramayu di PKB

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah berpulang ke rahmatullah, ayahanda kami, Choirul Anam (Cak Anam), pagi ini pukul 05.49.Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau. Dan mohon do'a nya untuk kepulangan beliau," tulis Kusriyanto, ade Cak Anam yang kini aktif di Gerindra Jatim.

Untuk diketahui, Cak Anam pernah aktif sebagai Wakil Ketua PWNU Jatim. Di partai politik, ia merupakan penggerak utama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat awal berdiri dan aktif di pentas perpolitikan nasional. Ia merupakan Ketua PKB Jatim pertama.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Namun, di PKB Cak Anam kemudian berseteru dengan Gus Dur dan dipecat. Cak Anam lalu mendirikan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU). Partai ini sempat ikut serta dalam Pemilu. Setelah bubar, kader-kader PKNU berpencar ke partai lain, paling banyak di Partai Gerindra.

Mantan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur, Choirul Anam (kiri), menyampaikan pendapatnya di sela bedah buku tentang NU karyanya di Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 26 Februari 2019.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Sejak beberapa tahun terakhir, Cak Anam memang sakit-sakitan. Ia diketahui memiliki penyakit jantung. Namun, kendati kesehatannya terganggu, ia tetap menunjukkan semangatnya dalam politik dan sosial, termasuk memikirkan NU.

Pergerakan Cak Anam terakhir ialah ketika dirinya melawan eksekusi Pengadilan Negeri Surabaya saat Graha Astra Nyawa dieksekusi pada November 2019 lalu. Gedung megah itu dieksekusi setelah PKB Jatim berhasil memenangkan gugatan. Gedung itu kini jadi kantor PKB Jatim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya