Golkar Yogyakarta Dukung Gibran Masuk Golkar dan Jadi Cawapres Prabowo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Yogyakarta – Sosok bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Koalisi Indonesia Maju yang telah sepakat mengusung Prabowo Subianto menjadi bacapres belum ditentukan hingga saat ini. Kondisi ini berbeda dengan dua kandidat lainnya yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang telah mengumumkan siapa bacawapresnya dan telah mendaftarkan diri ke KPU RI.

Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo Beberkan Alasan Mendesaknya Program Makan Siang-Susu Gratis

Hingga saat ini nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masih menjadi sosok yang kerap disebut bakal menjadi bacawapres Prabowo. Selain nama Gibran muncul pula nama Menteri BUMN Erick Thohir dan tokoh dari Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra.

Menanggapi siapa sosok yang pas menjadi bacawapres Prabowo, akar rumput Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyambut baik jika sosok putra sulung Presiden Jokowi yang dipilih. Golkar DIY bahkan juga menyambut baik jika Gibran memilih keluar dari PDI Perjuangan dan menjadi kader partai berlambang Pohon Beringin ini.

Gerindra Sebut Jokowi Dimungkinkan Jadi Penasihat Presiden Terpilih Prabowo

Gibran menanggapi putusan MK terkait Syarat Capes-Cawapres di Balai Kota, Solo

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Ketua DPD Partai Golkar DIY Gandung Pardiman berharap kabar yang beredar Gibran akan masuk Golkar dan menjadi bacawapres mendampingi bacapres Prabowo menjadi kenyataan.

Gerindra Buka Peluang Usung Bobby Nasution Maju Pilgub Sumut

Gandung menerangkan masuknya tokoh  dan pemimpin muda potensial dan sudah membuktikan mampu menjadi kepala daerah Walikota Solo dengan baik, akan menambah kekuatan Partai Golkar.

"Saya gelar karpet merah menyambut Gibran masuk Golkar. Gibran adalah pemimpin dan tokoh muda potensial. Selain itu jika dipasangkan dengan Prabowo akan sangat pas dan saling mengisi antara generasi tua dan generasi muda," kata Gandung, Kamis 19 Oktober 2023.

Dukungan serupa juga disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Kulon Progo Suharto. Suharto sepakat jika Prabowo Subianto dipasangkan dengan Gibran Rakabuming Raka namun dengan syarat masuk menjadi kader Golkar.

"Kami Golkar Kulon Progo setuju kalau Gibran jadi bacawapresnya Prabowo namun masuk Partai Golkar terlebih dahulu. Sehingga Gibran maju menjadi bacawapres dari Partai Golkar," ungkap Suharto.

Sementara itu Ketua DPD Golkar Sleman Janu Ismadi juga setuju jika Gibran menjadi bacawapres mendampingi bacapres Prabowo tapi harus masuk Golkar dulu.

"Kami Golkar  Sleman menghormati dan  setuju Gibran dipilih menjadi bacawapres mendampingi  Prabowo. Tetapi Gibran masuk Golkar dulu dan melepas  keanggotannya di PDIP supaya rakyat  mengerti bahwa  Wakil Presiden dari Partai Golkar," tegas Janu Ismadi.

Sementara itu Ketua DPD Gunungkidul Heri Nugroho menyambut baik jika Gibran masuk partai Golkar. Sebab dengan masuknya Gibran ke Golkar akan memberikan pengaruh tambahan suara Partai Golkar.

Sementara itu untuk menjadi bacawapres mendampingi Prabowo harus diperhitungkan secara matang agar nantinya pasangan capres dan cawapres dari Koalisi Indonesia Maju bisa memenangkan pilpres 2024.

"Saya menyambut baik jika Gibran masuk Golkar dan jika benar dipasangan dengan Prabowo kemungkinan Pro Jokowi bisa terbelah jadi dua. Menurut saya harus diperhitungkan secara cermat dan matang," kata Heri Nugroho.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memenuhi undangan jamuan makan siang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Senin, 6 Februari 2023.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Pendapat yang sama disampaikan ketua DPD Golkar Kota Yogyakarta Agus Mulyono. Agus Mulyono mengatakan Golkar harus realistis untuk kemenangan pemilu serentak tahun  2024. Salah satu cara untuk merealisasi hal tersebut dengan cara  memasangkan Gibran dengan Prabowo.

Agus Mulyono membeberkan saat ini popularitas dan posisi Jokowi masih kuat sehingga jika Gibran masuk Golkar maka kondisi ini akan menguntungkan bagi Golkar dengan keberadaan mas Gibran  sebagai yuniornya Jokowi.

"Kita ambil strategi yang terbaik dalam situasi pilpres yang tidak baik, yang catur marut. Jumlah kursi pendukung pak Prabowo terbesar dibandingkan koalisi lain," ucap Agus Mulyono.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan bacapres Prabowo Subianto.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

"Hal ini tentu ada keterpanggilan untuk memenangkan pilpres, mengingat hasil pilpres akan linier dengan perolehan suara pileg. Sehingga ketika ditanya siapa Pilpresnya pak Prabowo dan mas Gibran, maka akan berpengaruh positif terhadap perolehan suara pileg Golkar," papar Agus Mulyono.

Ketua DPD Golkar Bantul Paidi merasa yakin jika Gibran masuk partai Golkar yang kemudian dijadikan bacawapres akan membawa dampak positif bagi Golkar.

"Apabila Gibran masuk ke Golkar dan menjadi bawapres mendampingi Prabowo Subianto maka saya yakin akan  menambah suara Golkar pada pileg nanti. Sebab relawan Jokowi itu banyak sekali dan saat ini merupakan kesempatan bagi Prabowo memenangkan Pilpres 2024," tandas Paidi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya