Siti Atikoh: Pola Mendidik Anak Harus Sesuai Perkembangan Zaman

Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Siti Atikoh Supriyanti menghadiri acara Kajian Islami AHHA (Kisah) di AHHA Basecamp, Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Orang Tua Pratama Arhan Langsung Sholat Dhuha dan Doakan Indonesia ke Final

Pada kesempatan itu, Dr Aisah Dahlan selaku ustazah sekaligus doktor inspiratif memberikan tausiah dan menjabarkan materi terkait pola asuh anak atau ilmu parenting dengan judul 'Anakku Separuh Aku'.

Usai mengikuti acara, Atikoh menyampaikan pentingnya pemahaman tentang pola parenting dari para orang tua, maupun calon orang tua dalam mendidik anak mulai dari mengetahui dan mengenal sifat anak berdasarkan ilmu kedokteran.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

"Tadi dijelaskan perbedaan otak laki-laki dan perempuan. Kalau perempuan cenderung lebih seimbang antara kanan dan kiri, kalau laki-laki memang agak berbeda," ujar Atikoh.

Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti

Photo :
  • Istimewa
Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

"Laki-laki itu pandangannya harus ke depan, kalau yang di samping-samping kadang tidak lihat. Jadi misalnya cari barang coba saja di rumah, biasanya ibu-ibu yang paling paham posisinya di mana," sambung Atikoh.

Istri dari mantan Gubernur Jawa Tengah dan Capres 2024 Ganjar Pranowo itu selama ini dikenal sebagai sosok perempuan yang aktif dan berhasil mendidik anak untuk menjadi anak yang cerdas dan mandiri.

Termasuk untuk membesarkan putra semata wayangnya, Muhammad Zinedine Alam Ganjar. Atikoh selalu mengutamakan sisi keibuan yang penuh kasih sayang dan tidak memanjakan anaknya.

"Kalau Alam laki-laki ya jadi memang lebih cenderung ekstrovert tadi dijelaskan. Tapi kalau Alam menyebutnya dia introvert yang terekstrovertkan, jadi awalnya introvert tapi karena kondisi lingkungan akhirnya dia jadi ekstrovert," ungkap Atikoh.

Dia pun menyebutkan bahwa dalam membesarkan anak, para orang tua harus mengikuti perkembangan zaman karena kondisi zaman dan lingkungan anak saat ini tidak sama dengan yang dijalani pada masa dahulu.

"Harapannya dengan memahami parenting kita bisa mendidik anak kita sesuai zamannya karena pasti berbeda. Pola parenting itu juga selalu dinamis, disesuaikan umur anak dan kondisi dari saat itu," tutur Atikoh.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah, Siti Atikoh Supriyanti

Photo :
  • Istimewa

Dalam kajian keagamaan itu, Atikoh yang merupakan istri bakal capres Ganjar Pranowo juga mendapati pentingnya cara pendekatan orang tua terhadap anaknya. 

Menurut Atikoh, orang tua harus mampu mengetahui dan mengenal anak sedekat mungkin, agar cara yang digunakan orang tua dalam membesarkan anaknya tidak salah.

"Tentu diperlukan peran kedua belah pihak, baik bapak maupun ibu sehingga bisa lengkap. Karena approach-nya (pendekatannya) itu berbeda-beda," jelas Atikoh.

Adapun Kajian Islami AHHA (Kisah) diadakan oleh Aurel Hermansyah untuk menyambut kelahiran anak keduanya dengan Atta Halilintar yang tinggal beberapa hari lagi.

Tamu undangan yang hadir berasal dari kalangan artis dan influencer, antara lain Kartika Putri, Clara Shinta, Irish Bella, Paula, Shireen Sungkar, Zaskia Sungkar, Dewi Bamsoet, Ashanty, Krisdayanti, Lalita Hutami, Aaliyah Massaid dan Meisya Siregar.

Atikoh yang juga hadir sebagai tamu undangan pun terlihat berbaur dengan para artis dan influencer. Dia juga terlihat akrab dan bercengkerama dengan para artis dan influencer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya