Dewas Periksa Pimpinan KPK Soal Pertemuan dengan SYL, Albertina Ho: Yang Bisa Hanya Nurul Ghufron

Anggota Dewan Pengawas KPK Albertina Ho
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Anggota Dewas KPK, Albertina Ho, mengatakan bahwa memang benar hari ini, Jumat 27 Oktober 2023, rencananya akan melakukan pemeriksaan soal dugaan pelanggaran etik pimpinan KPK, terkait pertemuan dengan eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Diketahui, Ketua KPK Firli Bahuri telah melakukan pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis. Foto itu beredar setelah SYL resmi menjadi tersangka kasus korupsi. Padahal di KPK semua pihak tidak boleh bertemu dengan orang yang tengah berperkara. 

"Rencananya memang diperiksa hari ini semua pimpinan," ujar Albertina Ho kepada wartawan, Jumat 27 Oktober 2023.

Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, KPK: Itu Keputusan Sendiri bukan Kolektif Kolegial

Dia menuturkan, kalau yang terkonfirmasi hadir hari ini pemeriksaan hanya Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Sebab, pimpinan KPK lainnya ada yang mengalami sakit dan tugas di luar kota.

"Kami baru dapat juga konfirmasi dari sekretaris pimpinan itu kalau yang bisa diperiksa hari ini hanya Pak Nurul Ghufron. Pak Nawawi sedang sakit, Pak Johanis Tanak dan Pak Alexander Marwata sedang dinas di luar kota," kata Albertina.

Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK, Nawawi: Itu Sepenuhnya Sikap Nurul Ghufron

Kendati demikian, ketua KPK Firli Bahuri diminta untuk melakukan penjadwalan ulang pemeriksaan. Albertina tak merincikan kenapa Firli meminta dijadwalkan ulang.

"Pak Ketua KPK Pak Filri minta dijadwal ulang setelah tanggal 8 November. Alasannya belum diberitahu," bebernya.

Firli Dijadwalkan Diperiksa usai Bertemu SYL

Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini masih melakukan pengusutan terkait dugaan pelanggaran etik terkait dengan pertemuan ketua KPK, Firli Bahuri, dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo alias SYL. Rencananya, Firli Bahuri bakal diperiksa dugaan pelanggaran etik hari ini di Dewas.

Anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris mengatakan bahwa semua saksi terkait dugaan pelanggaran etik telah diperiksa. Hari ini, kata Syamsuddin, giliran pimpinan KPK sekaligus Firli Bahuri yang rencananya bakal dimintai keterangan.

"Rencananya pemeriksaan semua pimpinan KPK, termasuk Pak FB (Firl Bahuri)," ujar Syamsudin kepada wartawan, Jumar 27 Oktober 2023.

Dia menyebut permintaan keterangan untuk lima pimpinan lembaga antirasuah itu akan dilangsungkan sejak pagi hingga sore hari.

"Dijadwalkan hari ini, pagi sampai sore," tukasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya