Terpopuler: Ungkapan Satire Adian tentang Gibran, Puan soal Megawati Empaskan Tangan Jokowi

Presiden Jokowi dan Megawati Sukarnoputri saat di acara HUT PDIP ke-50.
Sumber :
  • YouTube PDIP

Jakarta – Keputusan Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden pasangan Prabowo Subianto menuai polemik panjang. Status Gibran yang masih tercatat sebagai kader PDIP dipersoalkan karena langkah politiknya berarti bertentangan dengan keputusan Megawati Soekarnoputri yang mengajukan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Seturut dengan peristiwa politik itu, berkembang lagi spekulasi lama tentang ketidakharmonisan hubungan Megawati dengan Presiden Joko Widodo. Langkah politik Gibran, juga keputusan adiknya Kaesang Pangarep bergabung dengan PSI dan kemudian menjadi ketua umumnya, segera dianggap sebagai bentuk sikap berlawanan Jokowi terhadap dominasi Megawati.

Dalam waktu yang hampir bersamaan beredar rumor bahwa politikus senior PDIP, Pramono Anung, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekretaris Kabinet. Rumor yang belakangan terbukti tidak benar tersebut diasosiasikan sebagai bentuk protes PDIP atas Jokowi.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Megawati Soekarnoputri, Penutupan Rakernas PDI-P

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Informasi tentang Gibran, Jokowi, dan Megawati tersebut menjadi artikel berita terpopuler di VIVA sepanjang hari kemarin. Isu itu terus menuai pro dan kontra karena hingga kini Gibran, setelah resmi mendaftar sebagai cawapres pasangan Prabowo ke KPU, belum mengundurkan diri dari PDIP.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Selain itu, ada beberapa berita lain yang juga masuk daftar terpopuler, di antaranya tentang petugas keamanan arogan TMII yang diberhentikan karena memarahi seorang perempuan paruh baya dan polisi menggeledah rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Bekasi untuk penyelidikan kasus dugaan pemerasan oleh Firli kepada mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Simak berita selengkapnya dalam artikel-artikel berikut ini:

1. Pernyataan satire Adian Napitupulu soal status Gibran

Adian Napitupulu

Photo :
  • Natania Longdong/VIVA

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi sudah maju sebagai bakal cawapres mendampingi Prabowo Subianto untuk Pemilu Presiden 2024. Namun, saat mendaftar bersama Prabowo, status putra sulung Presiden Jokowi itu ternyata masih kader PDIP. Politikus PDIP Adian Napitupulu pun ikut buka suara soal status Gibran. Baca selengkapnya di sini.

2. Puan Maharani klarifikasi isu Pramono Anung mundur

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Muncul rumor politikus senior PDIP Pramono Anung bakal mundur dari posisi Sekretaris Kabinet di Kabinet Indonesia Maju. Petinggi DPP PDIP pun buka suara soal kabar mundurnya Pramono. Puan Maharani menuturkan, jabatan menteri adalah yang membantu jalannya Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin. Baca selengkapnya di sini.

3. Video Megawati tepis tangan Jokowi direspons Puan

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan dengan mantan presiden Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menjelaskan video yang viral yang memperlihatkan tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diempaskan saat menuntun Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama calon presiden Ganjar Pranowo. Baca selengkapnya di sini.

4. Satpam arogan TMII diberhentikan

Viral Seorang Oknum Satpam TMII Usir Ibu-ibu Pedagang dengan Kasar

Photo :
  • Tangkapan layar

Satpam arogan bernama Aan Kholid telah diberhentikan dari jabatannya sebagai kepala satpam buntut memarahi seorang emak-emak paruh baya yang berdagang di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur. Baca selengkapnya di sini.

5. Polisi menggeledah rumah Ketua KPK

Irwan Irawan, Ketua RW 19 di wilayah rumah ketua KPK Firli Bahuri di Bekasi, Jawa Barat

Photo :
  • Dani (Bekasi)

Kediaman Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri di Bekasi digeledah polisi. Hal ini terkait dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK ke eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021. Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya