Bus Angkut Wisatawan dari Jakarta Tujuan Lembang Terbakar di Subang

Bus pariwisata terbakar di jalan raya Subang arah Lembang Bandung
Sumber :
  • tvOne/Agung Prasetio

Subang – Bus pariwisata yang mengangkut wisatawan asal Jakarta terbakar di Jalan Raya Subang arah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu, 28 Oktober 2023. 

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Insiden tersebut terjadi tepatnya di depan SPBU Tambakan Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Sabtu pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Api yang keluar dari mesin bus membuat kepanikan penumpang dan warga sekitar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Seluruh penumpang yang berjumlah 39 orang selamat dan berhasil dievakuasi oleh sopir dan kernet bus ke tempat aman. Sementara arus lalu lintas ditutup sementara.     

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Dalam video amatir yang direkam warga, terlihat kobaran api membesar membakar habis seluruh badan bus. Kepanikan semakin menjadi karena lokasi bus berhenti persis berada di depan SPBU.

Bus pariwisata terbakar di jalan raya Subang arah Lembang Bandung

Photo :
  • tvOne/Agung Prasetio
Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Petugas dari pemadam kebakaran Subang yang datang ke lokasi langsung memadamkan api dan pendingin. Saat ini, api berhasil dipadamkan dan petugas Kepolisian mulai membuka satu jalur sampai proses pemadaman benar-benar selesai. 

Sopir bus, Dede Jamaludin mengatakan bus ini membawa rombongan penumpang yang akan berwisata dari Jakarta menuju Cikole, Lembang. Ia melintasi jalur Subang menuju Lembang memang banyak tanjakan dan tikungan sehingga membuat bus mengalami over heat, lalu menepi di SPBU Tambakan.

"Waktu saya pinggirin terus saya langsung turun, abis itu muncul asap dari bagian aki. Saya langsung nyuruh turun ke semua penumpang, saya langsung ngambil APAR yang ada di dalam bus terus api langsung besar," kata Dede menjelaskan kronologi kejadian.  

Kasat Lantas Polres Subang AKP Undang mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Seluruh wisatawan berhasil dievakuasi dan dikeluarkan dari bus sebelum api membakar bus yang mereka tumpangi. 

"Untuk arus lalu lintas sementara berlakukan satu arah dulu karena prioritas dari arah Jakarta menuju Lembang dulu. Anggota kami sudah mengecek kemacetan terjadi sekitar 1,5 kilometer dari arah bawah (Subang) ke atas (Bandung)," kata Kasat Lantas Polres Subang AKP Undang di lokasi yang sama.
  
Laporan: Agung Prasetio/tvOne Subang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya