Kominfo Gelar AMH 2023, Apresiasi Kinerja Humas pada KTT ASEAN

Kementerian Kominfo Gelar Anugerah Media Humas 2023
Sumber :
  • Dok. Istimewa

JakartaKementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Anugerah Media Humas (AMH) 2023 yang ke-16. Kegiatan Anugerah Media Humas 2023 yang digelar di Kota Surabaya, ini mengambil tema "Humas Bersinergi untuk Kemajuan Negeri".

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi terhadap keberhasilan komunikasi publik dan dukungan hubungan masyarakat kementerian dan lembaga, pemerintah daerah serta BUMN dan perguruan tinggi dalam menyukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia.

Para Penari di Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN 2023

Photo :
  • Istimewa
Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong, mengatakan KTT ASEAN adalah acara bertaraf internasional. Penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia itu bisa menjadi peluang untuk menunjukan eksistensi Humas dan peran pentingnya dalam mem-branding Indonesia.

"Peluang tidak hanya mencuri perhatian warga dunia tetapi di waktu yang sama kita bisa memupuk tingkat kepercayaan masyarakat di negeri sendiri," kata Usman dalam keterangan yang diterima, Rabu 1 November 2023.

KPK Ungkap Nilai TPPU Eko Darmanto usai Jadi Tersangka, Nilainya Gak Main-main

Usman menambahkan sudah seharusnya reputasi baik Indonesia menjadi misi kerja-kerja Humas Pemerintahan. Nation Branding menjadi tujuan akhir kerja Humas di event-event Internasional.

Selanjutnya Usman juga mengajak insan Humas meninggalkan ekslusivitas peran dan menanggalkan ego sektoral.

"Demi kemajuan negeri, mari perkuat sinergitas antar instasi Pemerintah agar satu padu bersuara di ruang publik. Indonesia akan dikenal sebagai negara yang bersahabat, bermartabat dan memiliki banyak potensi untuk mendatangkan investasi dan kerjasama," papar Usman.

Turut hadir dalam acara AMH 2023 yakno Adhy Karyono Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur mewakili Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur serta 400 tamu lainya.

Adhy Karyono menyebut Indeks Kemerdekaan Pers di Jawa Timur 76,55. "Indeks tersebut meningkat di atas Nasional, dimana Jawa Timur ini sangat dinamis," sebut Adhy.

Penghargaan AMH 2023 diberikan kepada juara terbaik untuk enam kategori, yakni kategori Siaran Pers, Media Sosial, Website, Kampanye Komunikasi Publik, Penerbitan Media Internal (Inhouse Magazine), Media Audiovisual.

Gala dinner KTT ke-43 ASEAN

Photo :
  • Sekretariat Negara

Selain itu juga ada dua penghargaan khusus yakni juara umum dan penghargaan untuk Penyuluh Informasi Publik (PIP). Untuk Juara Umum AMH 2023 kali ini, jatuh kepada Pemprov DKI Jakarta

“PIP merupakan mitra strategis Kominfo yang selama ini telah membantu komunikasi publik pemerintah di wilayah Terpencil, Tertinggal dan Terdepan (3T) dan daerah yang masih memerlukan penyampaian informasi secara tatap muka,” jelas Usman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya