Akademisi UI: Pasangan Prabowo-Gibran Tampaknya Punya Roadmap Wujudkan Indonesia Emas 2045

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Pasangan bakal capres Prabowo Subianto dan bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka dinilai sebagai duet yang konkret mewujudkan Indonesia emas 2045. Alasannya duet Prabowo-Gibran punya visi misi untuk mendongkrak kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Tanah Air.

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

Demikian disampaikan oleh Analis Politik Forum Doktor Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi. Bagi dia, Prabowo-Gibran telah memiliki roadmap yang jelas dan terukur. Dia menyebut salah satunya dengan adanya misi Asta Cita yang disampaikan kepada masyarakat Tanah Air.

"Saya melihat program dan misi yang disampaikan oleh pasangan ini, tampaknya punya roadmap mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata Ade, dalam keterangannya, Kamis, 2 November 2023.

Elite Gerindra Jelaskan Maksud Pesan Prabowo Jangan Ganggu Jika Tak Mau Kerja Sama

Tes Kesehatan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menyebut langkah-langkah dari misi yang dimiliki Prabowo-Gibran. Pertama, yaitu dengan memperkuat ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM) sebagai bentuk memperkuat identitas negara.

Zulhas: Katanya PAN Cuma Bisa Joget, Eh yang Menang Capresnya Gemoy dan Bisa Joget

Kemudian, ia menyinggung komitmen keduanya untuk memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau. Cara itu dianggap bisa memperkuat kesejahterakan rakyat.

Lebih lanjut, ada juga keinginan Prabowo-Gibran meningkatkan lapangan kerja berkualitas. Lalu, digencarkan program untuk menunjang pembangunan sumber daya manusia atau SDM yang melingkupi pengembangan sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran masyarakat.

Setelahnya, yakni melanjutkan program hilirisasi dan industrialisasi. Langkah keenam, berkomitmen bangun desa dari bawah untuk pemerataan ekonomi untuk menekan angka kemiskinan.

Selain itu, Ade Reza juga menyinggung upaya perkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi. Pun, ada upaya penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya. Sebab, dengan demikian nanti akan ada upaya peningkatan toleransi antar umat beragama.

Ade juga menambahkan, atas berbagai gagasan duet Prabowo–Gibran mampu merangkum berbagai sektor penting di masyarakat. Dengan demikian, tak mengejutkan jika keduanya nanti bisa jadi duet yang diinginkan semua kalangan masyarakat.

Kata Ade, ada lima faktor penting yang mesti diakselerasi demi mewujudkan Indonesia Emas 2045. Lima faktor itu yakni penguatan pondasi ideologis berbasis Pancasila, peningkatan kualitas manusia, ketersediaan infrastruktur, kualitas daya dukung kelembagaan dan prioritas kebijakan pemerintah. “Dan, itu semua ada di pasangan Prabowo-Gibran," jelas Ade

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya