Pengamat Nilai Dukungan Nelayan Sinyal Kuat bagi Prabowo-Gibran

Nelayan di Jawa Tengah deklarasi dukung Prabowo-Gibran.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Dukungan terhadap calon presiden dan calon wakil Presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka terus mengalir. Terbaru, dukungan datang dari para nelayan di Jawa Tengah.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menegaskan, adanya dukungan dari para nelayan itu menjadi sinyal positif bagi Prabowo –Gibran. Hal itu mengindikasikan Prabowo–Gibran sangat diterima di kalangan akar rumput, terutama para nelayan. 

“Jika ada dukungan dari nelayan maka suka tidak suka senang tidak senang kelihatannya Prabowo–Gibran mendapatkan sambutan yang positif dan dukungan yang besar dari para nelayan itu,” kata Ujang dikutip Kamis, 2 November 2023.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut pengamat politik ini, limpahan dukungan itu menjadi pertanda jika Prabowo–Gibran merupakan caprescawapres yang sangat dekat dengan para nelayan. Dia juga meyakini, Prabowo–Gibran bisa melanjutkan kebijakan Presiden Jokowi yang pro dengan nelayan. 

Pelajar Hingga Mahasiswa Indonesia Banyak Jadi Korban, Ini Beda Judi Online dan Game Online

Kebijakan Presiden Jokowi yang akan dilanjutkan Prabowo–Gibran, antara lain peningkatan kesejahteraan untuk keluarga nelayan dan penetapan harga BBM. Prabowo–Gibran juga akan memperkuat hilirisasi bahari hingga asuransi untuk para nelayan. 

Lantaran itu, Ujang menilai dukungan dari para nelayan itu menjadi pertanda kuat, Prabowo–Gibran adalah sosok pemimpin yang sangat dekat dengan nelayan.

“Itu artinya bisa jadi dukungan tersebut mengindikasikan bahwa Prabowo–Gibran dekat dengan nelayan, disukai, dicintai oleh nelayan. Dan itu tentu membawa dampak yang bagus bagi Prabowo–Gibran karena didukung oleh nelayan,” ujar Ujang. 

Berdasarkan survei terbaru yang dirilis Indikator Politik Indonesia periode 16 – 20 Oktober 2023, Prabowo–Gibran mayoritas mendapatkan dukungan dari akar rumput terutama yang memiliki latar belakang pekerjaan petani, peternak hingga nelayan.

Pada klaster pemilih tersebut, Prabowo–Gibran meraih dukungan dengan total suara mencapai 41,4 persen, diikuti bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 35,7 persen dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dengan 18,5 persen.

Sebelumnya, Prabowo–Gibran mendapatkan dukungan dari ratusan nelayan Jawa Tengah. Ratusan nelayan Jawa Tengah itu meyakini, Prabowo–Gibran bisa meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi di masa yang akan datang. 

“Kami nelayan Jawa Tengah mendukung capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka meneruskan kepemimpinan dan kinerja Presiden Jokowi-Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk periode 2024 – 2029,” kata Ketua Koordinator Nelayan Jawa Tengah, Choirul Huda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya