Dinas Sosial Padang Bongkar Dugaan Penyelewengan Dana Bansos

Ilustrasi penyelewengan dana bantuan sosial
Sumber :

Padang - Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Sumatera Barat, Heriza Syafani mengatakan pihaknya kini sedang menelusuri dugaan penyelewengan dana Bantuan Sosial (Bansos) yang dilakukan oleh oknum pekerja sosial masyarakat (PSM).

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

"Dugaan penyelewengan dana Bansos itu, berkaitan dengan dana Bansos non tunai yang disalurkan melalui Kantor Pos," kata Heriza Syafani, Senin, 6 November 2023.

Heriza menjelaskan, sesuai dengan mekaniems penyaluran dana bansos non tunai tersebut diberikan langsung kepada penerima yang sudah terdaftar pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Posisi pekerja sosial masyarakat, hanya bertugas melakukan pendataan untuk dimasukkan ke data terpadu kesejahteraan sosial.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Ilustrasi penerima bansos PKH

Photo :
  • ANTARA

Data-data yang dikumpulkan itu, lalu akan diverifikasi oleh Kementerian sosial melalui dinas sosial Padang. Jadi tugas pekerja sosial masyarakat hanya melakukan pendataan bukan mengeksekusi.

ODGJ Ngamuk di Cengkareng Mau Tikam Kakanya Sendiri, Ternyata Kabur dari Dinsos

“Tugas mereka (PSM) hanya melakukan pendampingan, bukan mengeksekusi bantuan tadi. Bantuan tadi disalurkan kepada si penerima, kalau memang PSM mendampingi, silakan mendampingi, kalau menerima langsung tidak boleh. Kita sedang kumpulkan bukti-bukti," tutupnya.

Kantor Desa Barabali di Lombok disegel warga buntut dugaan korupsi beras Bansos (Satria)

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga

Kantor Desa Barabali, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, disegel oleh ratusan warga buntut kasus dugaan korupsi beras miskin dari pemerintah pusat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024