Berpengalaman di Pemerintahan, Prabowo Dinilai Jadi Sosok Capres yang Diunggulkan

Prabowo Subianto, Rapimnas Partai Gerindra
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Bakal calon presiden (Capres) Prabowo Subianto dinilai menjadi sosok yang kompeten dan berpengalaman dalam pemerintahan nasional. Hal itu membuat dia diunggulkan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul. “Saya lihat Prabowo ini mempunyai figur yang kompeten karena sudah berpengalaman,” kata Adib dalam keterangannya, Kamis, 9 November 2023.

Kompetensi Prabowo terlihat dari capaian selama memimpin Kementerian Pertahanan. Ia dinilai menguatkan sektor pertahanan dan keamanan negara dengan memodernisasi alutsista. Mulai dari pesawat tempur F 15-EX dari Amerika Serikat dan Rafale untuk TNI AU serta kapal selam untuk TNI AL.

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

Prabowo dan Gibran di Indonesia Arena, Senayan.

Photo :
  • Gerindra Tv

Prabowo juga mengembangkan industri pertahanan lokal melalui sinergi dengan BUMN. Tercatat, capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini memperkuat Pindad dan mewujudkan produksi kendaraan taktis Maung di Bandung.

Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

Tak hanya itu. Prabowo pun membantu masyarakat di sejumlah wilayah dapat mengakses air bersih, dengan membangun sumur bor dan meresmikan 74 titik mata air yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam sejumlah survei, elektabilitas ketua umum Partai Gerindra ini unggul. Berdasarkan survei Polling Institute periode 25 – 28 Oktober 2023, dalam simulasi tiga nama, Prabowo bersama  bakal calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka berada di posisi pertama dengan angka 36,2 persen. 

Perolehan tersebut unggul dari pasangan bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 32,8 persen dan Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar yang memperoleh 21 persen.

"Prabowo ini berpotensi menang di demokrasi mendatang, karena ada kekuatan pendukung," ujar Adib.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya