Tegaskan Lanjut Bangun IKN, Prabowo: Kita Harus Investasi Lebih Banyak Selamatkan Jakarta

IKN Nusantara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Jakarta – Presiden RI terpilih Prabowo Subianto kembali menegaskan dukungan serta komitmennya untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini. 

Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo: Generasi Muda Melihat Siapa yang Tulus dan Dibuat-dibuat

Hal itu disampaikan langsung oleh Prabowo saat wawancara eksklusif dengan media Al-Jazeera dan diunggah di YouTube Al Jazeera English, dikutip Senin, 13 Mei 2024.

Prabowo mengungkapkan, kebijakan untuk memindahkan ibu kota Indonesia pada dasarnya sudah digagas sejak pemerintahan Presiden Pertama RI, Presiden Soekarno.  Dia pun sangat mendukung terealisasinya gagasan tersebut.

Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo Beberkan Alasan Mendesaknya Program Makan Siang-Susu Gratis

“Ide untuk memindahkan ibu kota sebenarnya telah ada sejak bertahun-tahun lalu, bahkan sejak Presiden Pertama RI, Presiden Soekarno. Dan selalu ada usulan agar ibu kota sebaiknya berada di posisi yang lebih sentral,” kata Prabowo.

Prabowo Subianti saat wawancara dengan TV Al Jazeera

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana
Gerindra Sebut Jokowi Dimungkinkan Jadi Penasihat Presiden Terpilih Prabowo

Prabowo menambahkan, Jakarta saat ini dihadapkan pada sejumlah masalah, salah satunya yakni kota ini sudah tidak mampu lagi untuk menampung populasi masyarakat yang angkanya mencapai 20 hingga 25 juta orang. 

“Kita harus berinvestasi lebih banyak untuk menyelamatkan Jakarta,” kata Prabowo.

Dalam wawancara itu juga Ketum Gerindra itu menegaskan komitmennya untuk melindungi serta menjamin kesejahteraan masyarakat adat yang berada di IKN.

Pembangunan jalan lingkar sepaku yang menjadi konektivitas menuju IKN.

Photo :
  • Dok. PUPR

“Kepentingan, keamanan dan masa depan seluruh masyarakat adat adalah prioritas utama, menurut saya. Kita harus melindungi mereka, kita harus mengamankan kehidupan mereka dan kita harus melakukan banyak perencanaan serta penelitian agar kita tidak menggusur terlalu banyak orang. Dan jika kita melakukan hal tersebut, kita harus memberikan kompensasi, kita harus menjamin kesejahteraan mereka,” kata Prabowo.

Lebih lanjut pria yang saat ini menjabat Menhan itu menegaskan bahwa dirinya akan selalu membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia. 

“Kami akan membela mereka, dukungan saya yang paling kuat adalah bagi mereka yang lemah,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya