Dewas Jadwalkan Periksa Firli Bahuri terkait Dugaan Pelanggaran Etik Selasa Pekan Depan

Anggota Dewan Pengawas KPK Albertina Ho
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Albertina Ho mengatakan, akan menjadwalkan ulang ketua KPK Firli Bahuri pada Selasa, 14 November 2023 pekan depan. 

Ada Rp 48,5 Miliar Uang Milik Bupati Labuhanbatu yang Sudah Disita KPK

Firli diminta untuk hadir ke Dewas KPK untuk memberikan klarifikasi dugaan pelanggaran etik terkait pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulu tangkis.

Firli dijadwalkan diminta klarifikasi sekira pukul 10.00 WIB. "Akan diperiksa Selasa tanggal 14 November 2023 jam 10.00," ujar Albertina kepada wartawan, Jumat, 10 November 2023.

BAP Korupsi Kementan Bocor ke SYL, KPK Duga Berasal dari Pengacara

Kendati demikian, Albertina hanya menjelaskan hal tersebut. Dia tak menjelaskan secara rinci terkait penjadwalan klarifikasi Firli Bahuri.

Diketahui, Dewas KPK sudah memanggil Syahrul Yasin Limpo, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Johanis Tanak dalam dugaan pelanggaran etik pimpinan KPK.

KPK Nonaktifkan Rutan POM AL dan Pomdam Jaya Guntur Buntut Kasus Pungli

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Bahkan, empat orang dekat SYL seperti sopir, ajudan dan asisten pribadi juga sudah dimintai klarifikasi. Kendati, untuk Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango belum juga dipanggil karena tengah sakit.

Ketua KPK Firli Bahuri juga belum dipanggil Dewas untuk memberikan klarifikasi. Firli minta dijadwalkan ulang setelah tanggal 8 November 2023. Namun, sampai dengan saat ini belum ada jadwal pasti.

Sebelumnya, beredar sebuah foto yang menampilkan keakraban antara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, yang asik mengobrol dengan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis.

Saat ini diketahui bahwa Syahrul Yasin Limpo tengah berperkara di lembaga antirasuah terkait dengan dugaan korupsi di Kementan RI.

Firli tampak mengenakan pakaian olahraga bulu tangkis warna dominan biru gelap dan putih. Terlihat pula, Syahrul Yasin Limpo tampak mengenakan batik berkelir dan celana jeans biru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya