Sales Mobil Tabrak Pengunjung Mal Paragon Semarang Jadi Tersangka, Ceritakan Kronologinya

Polisi menetapkan sales mobil yang tabrak pengunjung mal jadi tersangka
Sumber :
  • tvOne/Didiet Cordiaz

Semarang – Mukti Wibowo, seorang sales mobil ditetapkan sebagai tersangka setelah gagal mengendalikan mobil pameran hingga menabrak pengunjung Mal Paragon Semarang, pada Sabtu, 4 November 2023.

Rekaman CCTV Detik-detik Bus Kuning UI Sebelum Tabrakan dengan Mobil HR-V

Kasatreskrim Polrestabes Semarang, AKPB Donny Sardo Lumbantoruan menjelaskan, pria berusia 33 tahun itu jadi tersangka karena kelalaian dalam bekerja. Tersangka dijerat Pasal 360 ayat 2 KUHPidana karena menyebabkan orang luka sehingga korban sakit sementara atau tidak dapat menjalankan jabatannya atau pekerjaannya sementara.

"Ancaman pidana sembilan bulan. Jadi tidak dilakukan penahanan," ujarnya saat rilis kasus di Mapolrestabes Semarang, dikutip Jumat, 10 November 2023.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 4 Mei 2024

Ilustrasi kecelakaan mobil

Photo :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

Dirinya menjelaskan, kejadian itu terjadi ketika Mal akan tutup yakni pukul 21.45 WIB. Peristiwa berawal ketika tersangka hendak memanaskan mobil pameran. Namun sebelum menyalakan mobil, tersangka tidak mengecek persneling mobil.

Pembunuh Wanita dalam Koper Gasak Rp43 Juta, Sebagian Uang Dipakai Buat Ongkos Pulang ke Palembang

Karena mengira aman, mobil itu malah melaju kencang. Tersangka yang tak dapat mengemudikan mobil kemudian panik. Bukannya  menginjak rem, tersangka malah menancapkan gas hingga menabrak sejumlah pengunjung dan fasilitas Mal.

“Sejumlah korban sedang mengantre kemudian ditabrak. Laju mobil tidak dapat dihentikan kemudian menabrak eskalator. Dari pemeriksaan, pelaku tidak memiliki kemampuan menyetir dan sertifikat mengemudi, lalu tidak punya SIM,” bebernya.

“Pelaku memang belum mengikuti kursus dan kelalaian sehingga fatal kejadian saat ramai. Berdasarkan aturan, memanaskan mobil harusnya saat Mal sedang tutup tidak ada masyarakat pada saat itu,” lanjutnya.

Ilustrasi mengemudi mobil

Photo :
  • Auto2000

Sementara itu, di hadapan polisi dan awak media, tersangka mengakui lalai dan tidak bisa mengemudi mobil manual. Dirinya juga mengaku peristiwa itu terjadi setelah ia ditinggal sendirian oleh timnya.

“Saya sendiri, tapi ada enam orang termasuk saya. Saat itu tidak ada supervisor tidak ada di tempat hanya nge-share jadwal aja tidak ada pengawasan terus lagi pas jadwal saya. Semua tahu saya tidak bisa menyetir tapi saya ditinggalkan,” imbuhnya.

Laporan Didiet Cordiaz/tvOne Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya