Survei ASI: Gen Z Keluhkan Sulitnya Lapangan Kerja, Gen X soal Kebutuhan Pokok Mahal

Ilustrasi mencari lowongan pekerjaan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

Jakarta - Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis beberapa temuan terbarunya yang salah satunya terkait persoalan pokok yang dihadapi rakyat Indonesia. Survei ASI terbaru itu digelar pada 3-8 November 2023.

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

Direktur Eksekutif ASI, Ali Rif’an menjelaskan dari hasil riset survei, setidaknya ada tiga persoalan penting yang dihadapi rakyat Indonesia.

"Tiga persoalan paling pokok yang dihadapi warga Indonesia saat ini adalah harga kebutuhan pokok mahal (23,4 persen), biaya pendidikan mahal (20,1 persen), dan susah mencari lapangan kerja (18,6 persen)," kata Ali, dalam paparan rilisnya secara daring, dikutip pada Rabu, 15 November 2023.

Fakta, Produk Tembakau yang Dipanaskan Minim Digunakan Remaja di Negara-Negara Maju

Dia menyampaikan temuan survei berdasarkan data yang dibedah berdasarkan usia/generasi. Dari hasil survei, persoalan paling pokok yang dihadapi Gen Z yaitu sulit mencari lapangan kerja dengan 27,7 persen.

Sementara, dari suara gen milenial mengeluhkan harga kebutuhan pokok yang mahal yakni 27,3 persen. "Begitu juga Gen X yaitu persoalan paling pokok yang dihadapi soal harga kebutuhan pokok yang mahal," ujar Ali.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Kebutuhan Pokok (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

Adapun persoalan paling pokok yang dihadapi Baby Boomer terkait mahalnya biaya pendidikan dengan 22,5 persen. Lalu, generasi Pre-Boomer juga menyoroti persoalan paling pokok yaitu biaya pendidikan mahal dengan 25,8 persen.

"Jika dibedah berdasarkan usia/generasi, persoalan paling pokok yang dihadapi Gen Z adalah susah mencari lapangan kerja 27,7 persen," tutur Ali.

Kemudian, temuan survei ASI lain yaitu ada lima persoalan utama yang dihadapi bangsa Indonesia. Lima persoalan itu persoalan korupsi (30,1 persen), kemiskinan (24,4 persen), pengangguran (21,4 persen), kesenjangan sosial (7,3 persen), dan utang negara yang terus meningkat (6,7 persen).

Lebih lanjut, Ali menuturkan jika dibedah berdasarkan usia/generasi maka masalah korupsi jadi keprihatinan hampir semua generasi. Dari data survei, kata dia, mulai dari Gen Milenial, Gen X, Baby Boomer, hingga generasi Pre-Boomer.

"Sementara masalah kemiskinan menjadi persoalan yang menurut Gen Z paling dihadapi bangsa Indonesia saat ini," jelas Ali.

Survei terbaru ASI ini digelar dalam kurun waktu pada 3-8 November 2023 dengan dilakukan secara nasional di 34 Provinsi di Indonesia. Survei ASI melalui telesurvei dengan metode penarikan sampel random digit dialing (RDD).

Sebanyak 1200 responden dilibatkan dalam survei dengan asumsi simple random sampling. Pun, angka toleransi kesalahan atau margin of error (MoE) adalah +/- 2.9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya