Soroti Banyak Penipuan Tiket Coldplay, Mahfud MD Minta Penyelenggara Lebih Awas

Menkopolhukam sekaligus bakal cawapres Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD menyoroti konser Coldplay yang kebobolan karena banyaknya oknum penjual tiket palsu. Ia pun meminta agar penyelenggara event agar lebih awas dalam hal-hal yang merugikan masyarakat.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Mahfud menyampaikan hal tersebut melalui akun media sosial instagram resminya @mohmahfudmd pada Kamis, 16 November 2023. Mahfud juga mengaku mendapat informasi soal banyaknya oknum penjual tiket palsu dari pemberitaan.

"Melalui beberapa laporan televisi tadi saya melihat ada seseorang ditangkap dan diborgol tangannya karena menjual tiket palsu di dalam pertunjukkan besar Coldplay," kata Mahfud MD seperti dikutip VIVA, Kamis, 16 November 2023.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Nah, saya tentunya sangat menyesalkan event yang begitu besar lalu masih ada kebobolan seperti itu di mana ada orang membuat tiket palsu sehingga ada orang yang sudah membeli tidak bisa masuk," katanya menambahkan.

Coldplay Konser di Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Maka itu, Mahfud MD meminta agar penyelenggara event konser ke depannya lebih awas dalam sistem ticketing. Ia juga menyebutkan, aparat kepolisian akan membantu dalam pengamanan penonton.

"Meskipun pelakunya sudah ditangkap, tapi orang sudah terlanjur kelewatan momen untuk menonton. Perbaiki untuk ke depan kepada siapapun bagi yang ingin menyelenggarakan event, perbaiki dan aparat tentu akan profesional menjaga keamanan, seperti tadi malam," katanya.

Kendati demikian, Mahfud mengaku acara konser Coldplay berjalan dengan baik dan sukses. Ia sangat menyayangkan masyarakat yang tak dapat menonton karena telah tertipu dan sudah mengeluarkan uang untuk membeli tiket.

"Konsernya sendiri sudah berjalan sukses, tapi sebaiknya kalau ada acara-acara seperti ini supaya lebih profesional, kasihan orang udah beli tiket ingin nonton, tapi kemudian enggak bisa masuk," katanya.

Sebagai informasi, Polres Metro Jakarta Pusat menerima laporan polisi dari puluhan korban kasus penipuan pembelian tiket konser Coldplay. Adapun kerugian yang dialami para korban mencapai Rp1,3 miliar. 

"Dilaporkan di Polres Jakpus penipuan atas 400 tiket, totalnya (kerugian) Rp1,3 miliar," ucap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Kamis, 16 November 2023. 

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Chandra Mata Rohansyah mengatakan, penipuan pembelian tiket Coldplay itu dilaporkan oleh puluhan korban. Total, korban mencapai 73 orang. "Iya 73 (korban). Mereka datang ke polres dan langsung kita tenangkan," ujarnya.

Menurut Chandra, para korban tak kunjung mendapatkan tiket meskipun sudah melakukan transaksi. Hal inilah yang kemudian membuat para korban merugi. "Ini bukan penipuan tiket, (korban) dapat tiket palsu. Tapi, beli enggak dapat tiket. Bukan tiket palsu," ujarnya. 

Seperti diketahui, band Coldplay telah menyelenggarakan konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat pada Rabu, 15 November 2023 malam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya