UGM Buka Suara Soal Pelarangan Anies Sebagai Pembicara Diskusi

Kampus Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.
Sumber :
  • www.ugm.ac.id

Yogyakarta – Capres nomor urut 1 Anies Baswedan gagal menjadi pembicara diskusi yang diselenggarakan BersamaIndonesia di Auditorium Magister Manajemen (MM) UGM, Jumat 17 November 2023. Anies gagal menjadi pembicara karena panitia mengklaim adanya pelarangan dari Rektorat UGM terkait diskusi itu.

Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

Dalam diskusi bertema 'Finding The Justice Governance Path for the Development of Indonesia: Jakarta Kota Kolaborasi as a Pioneer of Sharing City in Indonesia', selain Anies adapula beberapa pembicara lainnya.

Bakal capres Anies Baswedan saat dialog publik di UGM-Mata Najwa

Photo :
  • Youtube UGM
Pilmapres 2024, Dua Mahasiswa UMSU Sabet Juara 1 Sekaligus

Diantaranya adalah Lars Bo Larsen (Duta Besar Denmark), Lambert Grijne (Duta Besar Belanda), Sulfikar Amir (NTU Singapore), Elisa Sutanudjaja (RUJAK URBAN Studies) dan Tri Mulyani Sunarharum (Pakar Urban Planning UGM).

"Rekomendasinya (dari Rektorat UGM), tidak menyarankan kehadiran tokoh ini yaitu Bapak Anies Baswedan karena dianggap lekat dengan unsur-unsur politis. Ada redaksi bahwa apabila tetap memaksakan seperti itu akan ada yang menertibkan atau bahasa sederhananya dibubarkan," ucap panitia acara, Muhammad Khalid.

Diprotes Mahasiswa Uang Kuliah Naik, Wakil Rektor USU Sebut Disetujui Pemerintah

"Meskipun kami sudah menjelaskan sejak awal bahwa acara ini pure mimbar akademik. Tidak ada endorse politik, kampanye politik, mobilisasi massa maupun atribun politik,"imbuh Khalid.

Menanggapi kabar pelarangan Anies menjadi pembicara, Sekretaris UGM Andi Sandi pun angkat bicara. Andi menyampaikan pihaknya masih mencari tahu siapa sosok yang diklaim sebagai Rektorat UGM yang melakukan pelarangan itu.

Andi menerangkan dirinya telah berkomunikasi dengan Rektor dan Wakil Rektor UGM tentang kabar pelarangan Anies sebagai pembicara di MM UGM. Andi menyebut dari komunikasi itu, baik Rektor UGM maupun Wakil Rektor mengaku tak ada yang mengeluarkan statement itu.

"Saya sudah tanya ke Bu Rektor. Saya tanya ke teman-teman Wakil Rektor. Tidak ada yang memberikan statement itu," ungkap Andi.

"Saya juga dapat kiriman (tangkapan layar percakapan panitia) katanya ada orang bernama Pak Wija. Pakai akun nama Rektorat. Sebenarnya saya mau tanya itu siapa?" lanjut Andi.

Universitas Gadjah Mada

Photo :
  • Twitter @UGMYogyakarta

Andi menegaskan UGM terbuka pada semua tokoh-tokoh untuk menjadi pembicara di diskusi maupun mimbar akademik di UGM. Terlebih tokoh itu adalah Anies Baswedan yang merupakan alumni UGM dan bagian dari Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada).

"Apalagi Mas Anies alumni kami. UGM juga rumah beliau, wong beliau juga bagian Kagama. Beliau tentu tak akan melanggar prinsip-prinsip akademis yang berlaku dan kami welcome saja," terang Andi.

"Termasuk bila Pak Prabowo (Subianto) atau Mas Gibran (Rakabuming) yang bukan alumni pun. Silakan saja hadir dalam forum-forum akademik di UGM dengan ketentuan yang berlaku," tutup Andi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya