Terpopuler: Sekutu AS di Timur Tengah, Debat Sengit Anggota DPR hingga Surat Osama bin Laden

Presiden AS Joe Biden.
Sumber :
  • AP Photo/Patrick Semansky.

Jakarta – Amerika Serikat (AS) merupakan negara adidaya dengan kekuatan militer yang kuat. Sejumlah negara di Timur Tengah menjadi sekutu AS di kawasan tersebut. Di antaranya Arab Saudi, Israel, UEA.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Berita tentang negara-negara yang menjadi sekutu AS di Timur Tengah menjadi berita paling banyak menarik perhatian pembaca kanal News VIVA, Jumat, 17 November 2023.

Selain itu, berita dari dalam negeri juga menyedot animo publik. Di antaranya tentang debat sengit terjadi antara Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan dengan Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. Dua politikus itu debat terkait isu netralitas polisi jelang Pemilu 2024.

Menlu Ukraina sebut Putin ‘Hewan Politik’ yang Bisa Merasakan Rasa Takut

Politikus PDIP Arteria Dahlan

Photo :
  • Instagram Arteria Dahlan

Kemudian ada juga berita tentang Mahfud MD yang masuk kokpit Garuda lalu berpose 3 jari. Kejadian itu mendapat kritik dari Ahli Psikologi Forensik Reza Indragiri.

BI Proyeksikan Suku Bunga The Fed Turun Satu Kali pada 2024

Selain berita-berita tersebut, sejumlah berita lainnya juga masuk dalam berita terpopuler di kanal News VIVA, Jumat, 17 November 2023. Berikut ini lima di antaranya yang dirangkum dalam tulisan round up:

1. 8 Negara Sekutu Amerika Serikat di Timur Tengah, Ada Arab Saudi Hingga Turki

Amerika Serikat merupakan negara adidaya dengan posisi dominan yang ditandai dengan kemampuannya untuk memberikan pengaruh dan memproyeksikan kekuasaan dalam skala global. Hal ini juga didukung dengan kekuatan militer terkuat di dunia yang dipegang AS. 

Presiden AS Joe Biden bersama Ibu Negara Jill Biden mendarat di Tahoe, Nevada

Photo :
  • AP Photo/Evan Vucci

Karena itu, AS dengan leluasa mengerahkan pasukannya ke Timur Tengah karena Washington sendiri menjadi sekutu untuk banyak negara di kawasan tersebut. Sebagai imbalannya, Washington memberikan jaminan keamanan kepada sekutu-sekutunya tersebut.  Baca berita selengkapnya di sini.

2. Debat Sengit! Arteria Dahlan Tunjuk-tunjuk Sahroni: Hak Anda Apa?

Debat sengit terjadi antara Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan dengan Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. Dua politikus itu debat terkait isu netralitas polisi jelang Pemilu 2024.

Perdebatan keduanya terjadi saat rapat kerja atau raker antara Komisi III DPR dengan Polri. Saat sesi pendalaman materi, Anggota Fraksi PDIP Safaruddin yang dapat giliran bicara menyinggung Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang belum bicara tegas soal netralitas Polri di depan umum. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Kritik Menohok Reza Indragiri ke Mahfud MD yang Masuk Kokpit Garuda dan Berpose 3 Jari

Calon Wakil Presiden RI Mahfud MD, mengunggah momen saat dirinya masuk dalam kokpit pesawat Garuda di akun instagram pribadinya @mohmahfudmd. Dalam akun tersebut Mahfud menuliskan keterangan bahwa dirinya masuk kokpit atas ajakan pilot yang bernama Widiyatno.

Psikolog forensik, Reza Indragiri Amriel

Photo :
  • VIVA/Galih Purnama

Mahfud berpose di antara kedua pilot tersebut. Bahkan mereka yang berada dalam kokpit tersebut kompak mengacungkan 3 jari yang berarti nomor 3, nomor urut Mahfud. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Surat Osama Bin Laden Untuk Warga AS 21 Tahun Lalu Viral, Salahkan Presiden Atas Perang Palestina

Sebuah surat yang ditulis 21 tahun lalu oleh Pemimpin Al Qaeda, Osama Bin Laden, kini kembali viral di media sosial TikTok dengan banyak pengguna yang menyatakan persetujuan mereka dengan pria yang dicap "teroris" tersebut. 

Surat blak-blakan tersebut, yang ditulis hanya setahun setelah serangan 11 September 2001 (9/11) di WTC yang menewaskan hampir 3.000 orang, diterbitkan The Guardian pada tahun 2002 tetapi dihapus pada tanggal 15 November 2023, setelah tren media sosial diketahui oleh situs tersebut. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Pengungsi Rohingya Ditolak Warga Bireuen Aceh, Ternyata Ini Alasannya!

Warga Desa Pante Sukon, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen menolak kedatangan pengungsi Rohingya gelombang ketiga dalam bulan ini. Mereka hendak mendarat ke kawasan itu, pada Kamis, 16 November 2023.

Ratusan pengungsi Rohingya mendarat lagi di Aceh.

Photo :
  • AP Photo/Irwandi.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto membenarkan penolakan itu. Ia menyampaikan, mulanya warga yang mengetahui kedatangan pengungsi Rohingya berbondong-bondong ke pesisir pantai untuk menolak kehadiran mereka. Baca berita selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya