Kritik Menohok Reza Indragiri ke Mahfud MD yang Masuk Kokpit Garuda dan Berpose 3 Jari

Mahfud MD berpose dalam kokpit bersama Pilot dan memamerkan 3 jari.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Calon Wakil Presiden RI Mahfud MD, mengunggah momen saat dirinya masuk dalam kokpit pesawat Garuda di akun instagram pribadinya @mohmahfudmd. Dalam akun tersebut Mahfud menuliskan keterangan bahwa dirinya masuk kokpit atas ajakan pilot yang bernama Widiyatno.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Mahfud berpose di antara kedua pilot tersebut. Bahkan mereka yang berada dalam kokpit tersebut kompak mengacungkan 3 jari yang berarti nomor 3, nomor urut Mahfud.

"Nomor 3 di Ketinggian. Lagi asik2nya menikmati penerbangan Garuda di atas langit Sumatera tadi, tiba2 sy dihampiri pilot pesawat yg saya tumpangi. Capt Widiyatno mengajak ngobrol sebentar, lalu menawari foto bersama di kokpit. Wah senangnya saya..," tulis Mahfud dalam akun instagramnya.

Hormati Putusan MK, Eks Ketum PB HMI: Saatnya Bekerja untuk Indonesia Maju

Kokpit pesawat terbang

Photo :
  • Pixabay

Tak lupa sebagai penutup, dia pun mengucapkan terima kasih kepada pilot yang telah membawanya masuk kokpit itu. "Kami berfoto dgn senyum masing2, tak ketinggalan pula salam #TigaJari dari kami semua. Terimah kasih, Capt Widi dan Co-pilot Dirga," tutupnya.

PDIP Terima Putusan MK, Tapi Beri Catatan Penting

Ahli Psikolog Forensik, Reza Indragiri, kemudian memberikan sindiran menohok kepada Mahfud MD. Dia mengingatkan kembali soal lemahnya penegakkan hukum yang diungkapkan Mahfud MD, tapi kini Mahfud justru telah melanggar aturan yang ada.

Reza mengatakan, Mahfud tidak semestinya masuk kokpit pesawat. Karena tak sembarang orang masuk ke tempat tersebut dan itu ada aturannya

"Persoalan pertama, Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) atau Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 121.547 tentang Admission to Flight Deck," kata Reza dalam keterangannya yang dikutip Jumat, 17 November 2023.

Psikolog forensik, Reza Indragiri Amriel

Photo :
  • VIVA/Galih Purnama

Dalam CASR tersebut, lanjut Reza, telah jelas disebutkan bahwa seseorang tidak boleh memasukkan orang lain ke dalam kokpit kecuali kru pesawat, inspektur dari Ditjen Perhubungan Udara, orang yang mempunyai sertifikat khusus seperti personil navigasi penerbangan, atau yang telah mendapatkan izin dari pilot in command, AOC certificate holder management dan izin dari Dirjen Perhubungan Udara

"Selain orang-orang yang sudah disebutkan di atas, tidak seorangpun boleh masuk ke dalam kokpit saat pilot sedang mengoperasikan pesawatnya," ujar Reza

Dia kemudia mempertanyakan, apa urgensi pilot mengizinkan Mahfud masuk ke kokpit pesawat yang sedang mengudara. "Apa penumpang lain juga diberikan privilese yang sama?," ujar Reza

Persoalan lainnya adalah mengenai jari yang diacungkan oleh para pilot tersebut. Sebagai pilot yang bekerja di maskapai Garuda yang merupakan perusahaan plat merah, tak seharusnya pilot tersebut menunjukkan dukungan salah satu paslon capres-cawapres.

"Dengan pose jari seperti itu, bisakah pilot dianggap melakukan kampanye pemilu? Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melarang para direksi, komisaris, pengawas, dan karyawan BUMN terlibat dalam kampanye Pemilu dan Pilkada 2024," kata Reza

Dia mengatakan, larangan itu tertuang dalam surat bernomor S-560/S.MBU/10/2023 tentang Keterlibatan Direksi, Dewan Komisaris/Dewan Pengawas dan Karyawan Grup Badan Usaha Milik Negara pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum, Pemilihan Kepala Daerah, dan/atau sebagai Pengurus Partai Politik atau Penjabat Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang dikeluarkan 27 Oktober lalu.

"Tidak ikut serta atau terlibat dalam kegiatan kampanye Pemilu dan/atau Pemilihan Kepala Daerah sebagaimana diatur dalam UU Pemilu dan UU Pemilihan Kepala Daerah," bunyi surat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya