Pemprov DKI Bantah Ada Balon Udara Bergambar Ganjar-Mahfud di Monas

Ilustrasi Monas Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakarta - Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan situasi Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat yang dipenuhi balon udara dengan gambar pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Tak Ingin Terjebak Macet, Pengemudi Toyota Agya Ini Berakhir Malu

Unit Pengelola Teknis (UPT) Monas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta memastikan kabar tentang balon udara itu hoaks. "Tidak ada. Penggunaan balon udara di kawasan Monas tidak bisa sembarangan," ujar Kepala Unit Pengelola Kawasan Monas Muhammad Isa Sanuri saat dikonfirmasi di Jakarta pada Kamis, 16 Januari 2023.

Isa menjelaskan bahwa masyarakat tak bisa memasang balon udara sembarangan di Monas melainkan harus mendapatkan izin dari Sekretariat Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara. Maka, tidak bisa semua orang, apalagi kegiatan politik, memanfaatkan promosi di kawasan Monas.

3 Mobil Berujung Tabrakan Karambol Akibat Keliru saat Menikung

Kawasan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

"Karena ring satu atau objek vital, setiap penerbangan drone, benda terbang dan balon udara harus mendapatkan rekomendasi dari Setmilpres (Sekretariat Militer Presiden)," ujarnya.

Nasdem Akan Hormati Putusan MK Soal Sengketa Hasil Pilpres

Heboh balon udara dan video mapping pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bertebaran di Monumen Nasional (Monas) viral di media sosial Twitter atau X. 

Salah satunya diunggah oleh akun @AREAJULID pada Rabu, 15 November 2023. "Banyak balon udara Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di sekitar Monas, ada yang udah liat? Wdyt?" tulis akun tersebut. 

Lantas, unggahan itu mendapat berbagai respons dari netizen. Ada yang menyebut itu merupakan salah satu ulah buzzer dari PDI Perjuangan (PDIP). "Wkwkwkw antek-antek banteng sama buzzer mengakali cari suara dengan berbagai macam cara," tulisnya.

"Ini rill or fake? Monas itu monumen nasional yang harusnya netral loh btw," tulis salah satu cuitan netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya