Pesawat Super Tucano Jatuh, Wapres Ma’ruf Amin Minta Diperiksa Dulu Sebelum Latihan

Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin
Sumber :
  • Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama

Jakarta - Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, buka suara terkait kecelakaan pesawat milik TNI Super Tucano yang jatuh di Perhutani, wilayah Kecamatan Lumbang, Pasuruan, Jawa Timur pada Kamis, 16 November 2023. Menurut dia, perlu diperiksa lagi kesiapan pesawat ketika ingin diterbangkan.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

“Saya kira memang harus selalu memeriksa ya, kalau ada latihan, ada apa itu harus sudah siap,” kata Ma’ruf Amin di Jakarta pada Jumat, 17 November 2023.

Puing-puing pesawat TNI AU Super Tucano jatuh di Pasuruan

Photo :
  • VIVA/Uki Rama
Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Jangan sampai, lanjut wapres, kondisi pesawatnya belum siap untuk terbang ditambah dengan situasi cuaca yang kurang baik. Sehingga dapat terjadi lagi kecelakaan yang menelan korban jiwa.

“Jangan sampai kemudian pesawatnya tidak baik atau cuacanya tidak baik, sehingga bisa menimbulkan korban,” ujarnya.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Oleh karena itu, Ma’ruf Amin mengatakan evaluasi kedepan perlu dilakukan dengan memeriksa semua peralatan alutsista terutama pesawat, apakah kondisinya masih layak terbang atau tidak. Ini dilakukan agar mencegah terjadinya kecelakaan yang menelan korban jiwa.

“Semua peralatan harus kembali dilakukan pemeriksaan, dilakukan penilaian-penilaian ulang, apakah masih layak untuk dipakai, termasuk pesawat. Itu supaya tidak terjadi korban,” ungkapnya.

Disamping itu, Ma’ruf juga menyarankan agar ada kerja sama antarlembaga terutama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) perihal cuaca di udara. “Seringkali karena terjadi cuaca yang tidak baik, itu juga penting. Jadi kerja sama dengan pihak BMKG dan lainnya,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya