Hari Ini, Firli Bahuri Bakal Diperiksa Dewas KPK Soal Dugaan Pelanggaran Etik Bertemu SYL

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)
Sumber :
  • KPK.go.id

Jakarta – Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan bahwa Ketua KPK Firli Bahuri akan memberikan klarifikasi soal dugaan pelanggaran etik pada Senin, 20 November 2023. Firli Bahuri diduga telah melakukan pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulu tangkis.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris mengatakan bahwa Firli Bahuri akan menjalani proses klarifikasi sekira pukul 10.00 WIB. "Rencananya Pak FB (Firli Bahuri) diperiksa Senin jam 10.00," ujar Syamsuddin Haris kepada wartawan dikutip Senin, 20 November 2023.

Dia menjelaskan bahwa Firli Bahuri telah dikonfirmasi akan siap hadir pada Senin, 20 November 2023, untuk memberikan klarifikasi soal pertemuan dengan SYL di lapangan bulu tangkis. "Sudah dikonfirmasi akan hadir oleh jajarannya," ujarnya.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Diketahui, dalam dugaan laporan pelanggaran etik pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo itu hanya tinggal Firli Bahuri yang belum diklarifikasi. Dia sebagai pihak yang terlapor. "Belum (terkonfirmasi) Moga-moga tidak menunda lagi, karena Dewas ingin segera menyelesaikan laporan-laporan ini," ujar dia pada Sabtu, 11 November 2023.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Sebagai informasi, Dewas KPK sudah memanggil Syahrul Yasin Limpo, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Johanis Tanak dalam dugaan pelanggaran etik pimpinan KPK.

Bahkan, empat orang dekat SYL seperti sopir, ajudan dan asisten pribadi juga sudah dimintai klarifikasi. Kendati, untuk wakil ketua KPK Nawawi Pomolango belum juga dipanggil karena tengah sakit.

Sebelumnya, ceredar sebuah foto yang menampilkan keakraban antara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, yang asik mengobrol dengan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis.

Saat ini diketahui bahwa Syahrul Yasin Limpo tengah berperkara di lembaga antirasuah terkait dengan dugaan korupsi di Kementan RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya