Pakar Mikro Ekspresi Dilibatkan Bakal Baca Wajah Firli Buat Ungkap Arti Pertemuan dengan SYL

Ketua KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Polisi melibatkan pakar mikro ekspresi untuk keperluan menggali arti ekspresi wajah antara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri dan eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Keterangan pakar mikro ekspresi itu karena beredarnya foto viral pertemuan antara Firli dan SYL di lapangan bulu tangkis.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

"Betul (untuk pelajari ekspresi wajah)," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Minggu 19 November 2023.

Namun, eks Kapolres Kota Solo ini tak merinci soal hal tersebut. Ade cuma memastikan penanganan kasus bakal dilakukan secara profesional tanpa adanya tekanan.

Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, KPK: Itu Keputusan Sendiri bukan Kolektif Kolegial

"Kami jamin penyidik tetap profesional, transparan dan akuntabel. Dan, bebas dari segala bentuk tekanan, paksaan dan intimidasi apapun juga," ujar dia.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK, Nawawi: Itu Sepenuhnya Sikap Nurul Ghufron

Dugaan Pemerasan ke SYL Naik Sidik

Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) era Syahrul Yasin Limpo alias SYL pada 2021 ke penyidikan.

"Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Firlli pun sudah jalani pemeriksaan di Bareskrim Polri terkait kasus dugaan pemerasan tersebut pada Kamis, 16 November 2023. Status Firli diperiksa sebagai saksi. Tercatat purnawirawan jenderal bintang tiga Polri sudah diperiksa dua kali.

"Saya menyatakan di setiap kesempatan bahwa saya tidak pernah melakukan pemerasan dan saya juga tidak pernah terlibat dalam suap-menyuap dan gratifikasi pada siapa pun," kata Firli, Kamis, 16 November 2023.

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Istimewa

Diperiksa Dewas KPK

Buntut dugaan pelanggaran etik karena menemui SYL di lapangan bulu tangkis, Ketua KPK Firli Bahuri  memenuhi panggilan proses klarifikasi Dewan Pengawas KPK. Pertemuan SYL dengan Firli di lapangan bulu tangkis itu disebut pada Maret 2022.

Dari pantauan VIVA, Firli sudah datang ke gedung Dewas KPK sekira pukul 10.08 WIB. Dia tampak mengenakan kemeja warna putih.

Eks Kapolda NTB itu datang ke Dewas dengan mobil Toyota Camry bernopol B 1990 RFP warna hitam. Dia tampak terlihat dikawal ketat oleh ajudannya.

Pun, saat dicecar awak media, Firli hanya irit bicara. "Tadi saya sudah jelaskan, ya," irit Firli di Dewas, Senin, 20 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya