Firli Bahuri Klarifikasi soal Tutupi Wajah Usai Diperiksa Polisi: Saya Juga Manusia

Firli Bahuri tutupi wajah pakai tas dan tisu usai diperiksa kasus Pemerasan SYL
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri merespons hasil pemeriksaan oleh penyidik Diskrimsus Polda Metro Jaya di Bareskrim Polri pada 16 November 2023 lalu. Firli diperiksa untuk kedua kalinya di kasus pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kado Mewah SYL untuk Undangan Nikahan yang Pakai Dana Kementan, Ada Bros dan Cincin Emas

Firli menyadari publik bertanya-tanya terkait kasus hukum yang tengah menjeratnya saat ini. Ia tak menampik pemberitaan seputar dirinya juga sangat beragam, sehingga bisa menjadi multitafsir.   

"Sebagai anak bangsa saya mencintai negeri ini. Saya terus berkarya untuk bangsa dan mengabdikan diri saya untuk negeri yang kita cintai bersama. Benar bahwa demikian berat posisi saya saat ini. Ketika melawan serangan balik dari para koruptor, apalagi itu dihadapi dengan gagah berani, dengan tanpa menyerah, tanpa lelah, untuk membersihkan negeri ini dari praktik-praktik korupsi," kata Firli Bahuri dalam jumpa pers di Gedung KPK, Senin, 20 November 2023.

SYL Suka Belanja Baju di Mal Bareng Keluarga, Uangnya Reimburse Hasil Palak Pejabat Kementan

Ketua KPK Firli Bahuri menggelar konferensi pers

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube KPK

"Setelah bertahun-tahun mengabdi dengan jiwa korsa yang begitu dalam, saya harus menjemput keadilan dengan cara yang tidak akan pernah saya lakukan kepada siapapun," sambungnya

Terbongkar! SYL dan Istri Beli Dua Tas Mewah Dior Senilai Rp 105 Juta Pakai Uang Kementan

Mantan Kapolda NTB itu menyadari awak media menanti keterangannya sebagai pejabat publik usai diperiksa Bareskrim pada Kamis, 16 November 2023 lalu. Ia sempat diberitakan sengaja menghindari wartawan sampai dikabarkan menutupi wajah dengan sapu tangan dan tisu usai diperiksa polisi.

"Tetapi saya juga sebagai manusia terkadang saya butuh waktu untuk jeda terutama pada situasi yang begitu saya anggap abnormal, yang tidak bisa saya jelaskan saat ini," ujarnya

Firli mengaku saat itu dalam kondisi sangat lelah. Sebelum menjalani pemeriksaan, Firli mengikuti kegiatan OTT KPK terhadap Pj Bupati Sorong, Papua Barat Daya. "Apalagi sehari sebelumnya saya tidak tidur karena menangani tindak pidana korupsi terkait dengan penjabat Bupati Sorong," kata Firli

Mantan Deputi Penindakan KPK itu menegaskan sebagai aparat penegak hukum telah mengikuti proses hukum dalam perkara yang disidik Polda Metro Jaya, termasuk pemeriksaan, penggeledahan hingga penyitaan.  

"Saya tidak peduli bahwa saya purnawirawan komisaris jenderal polisi atau saya sebagai pimpinan lembaga negara Komisi Pemberantasan Korupsi, saya pertaruhkan untuk menjemput keadilan," tegasnya

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri merampungkan pemeriksaan kedua atas kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Kamis, 16 November 2023. 

Berdasarkan pantauan VIVA, Firli keluar Bareskrim Polri melalui Gedung Rupatama sekitar pukul 14.37 WIB. Firli tampak menaiki mobil Hyundai hitam dengan nomor polisi (nopol) B 1917 TJQ. 

Di dalam mobil, Firli yang mengenakan pakaian batik itu terlihat duduk bersandar di sebelah ajudannya. Firli terlihat menyembunyikan wajah dan menutupinya dengan sebuah tas hitam serta selembar tisu.  

Sementara itu, tidak ada sepatah kata yang diungkapkan Firli usai menjalani pemeriksaan. Firli bersama ajudannya langsung kabur menggunakan mobil Hyundai hitam tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya