11 Korban Kecelakaan Maut Minibus Ditabrak Kereta Api di Lumajang Adalah Alumni Satu SMA

Salah Satu Korban Kecelakaan Maut Minibus Ditabrak KA di Lamongan
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal

Surabaya – Minibus Isuzu Elf berpelat nomor N 7646 T, yang mengalami kecelakaan maut dengan Kereta Api Probowangi dan menewaskan 11 orang di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Minggu malam kemarin adalah rombongan yang baru pulang dari Pulau Merah, Kabupaten Banyuwangi. Para korban adalah sama-sama alumni di satu SMA yang ada di Surabaya.

Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

Selain 11 tewas, ada juga 4 korban luka berat. Adapun 14 korban berasal dari Kota Surabaya, sementara satu korban tinggal di Kabupaten Sidoarjo. Mengklarifikasi berita sebelumnya, tidak semua korban berprofesi sebagai guru tapi mereka alumnus satu SMA.

Salah satu korban meninggal dunia bernama Sukarnoto asal Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya. Satu korban lagi yang rumahnya satu gang dengan Sukarnoto ialah Tutik Ristianti. 

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

Pengamatan VIVA di rumah duka pada Senin, 20 November 2023, Sukarnoto dan Tutik sudah dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) setempat.

Keponakan almarhum Sukarnoto, Yusach, mengatakan bahwa sehari-hari pamannya bekerja sebagai sopir mobil ambulans milik Dinas Sosial Kota Surabaya. Almarhum wafat meninggalkan 7 orang anak dan 4 cucu. Sukarnoto dan korban lainnya adalah alumnus satu SMA di Surabaya yang kini sudah tidak beroperasi.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Sesama alumni satu sekolah, Yusach mengatakan pamannya dan korban lainnya berangkat dari Surabaya menuju Banyuwangi pada Sabtu, 18 November 2023, malam. 

“[Rombongan] Berangkat 15 orang,” katanya kepada wartawan pada Senin, 20 November 2023.

Di Banyuwangi, lanjut Yusach, mereka berlibur ke beberapa tempat, di antaranya di Pulau Merah. Setelah dari Pulau Merah, rombongan kemudian pulang menuju Surabaya. 

Namun nahas, sesampai di lokasi, mobil minibus yang mereka tumpangi kemudian ditabrak Kereta Api Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya pada Minggu, 19 November 2023, malam.

Terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Dirmanto, mengatakan bahwa Polda Jatim mengirimkan tim untuk membantu Kepolisian Resor Lumajang menyelidiki kecelakaan maut antara Kereta Api Probowangi versus minibus Elf di Kabupaten Lumajang pada Minggu malam kemarin.

 “Kami mengirimkan tim dari Polda Jatim untuk membantu Polres Lumajang dalam menyelidiki kecelakaan tersebut. Tim yang dikirim ke lokasi dari labfor, mungkin juga dari lalu lintas, dan tim TAA (traffic accident analysis),” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Dirmanto, kepada VIVA, Senin, 20 November 2023.

Sebelumnya, Kepala Polres Lumajang Ajun Komisaris Besar Polisi Boy Jackson, mengatakan bahwa mobil minibus nahas tersebut tertabrak kereta api setelah melintas di KM 138 Petak Jalan Randuagung, Kabupaten Lumajang. Akibatnya, 11 orang meninggal dunia dan empat orang lainnya mengalami luka-luka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya