Jenderal Agus Subiyanto Resmi jadi Panglima, Wiranto Yakin TNI Tetap Solid

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 22 November 2023. Selain itu, Laksamana Yudo Margono juga resmi diberhentikan dengan hormat dari jabatan Panglima TNI.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto meyakini figur Jenderal TNI Agus Subiyanto mumpuni untuk memimpin institusi TNI. Sebab, kata dia, Agus punya rekam jejak yang bagus selama bertugas di TNI.

“Saya kira secara pengalaman jabatan mumpuni ya,” kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, pada Rabu, 22 November 2023.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Rapat Paripurna Pengesahan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut dia, Agus Subiyanto sudah punya pengalaman yang cukup untuk menghadapi berbagai tantangan ke depan. Dia bilang ke depan perlu antara Jenderal punya kesinambungan dengan Panglima TNI sebelumnya, yaitu Laksamana Yudo.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

“Kalau dihadapkan dengan tantangan masa kini dan ke depan nanti. Saya kira sudah cukup punya pengalaman dan pemahaman dan punya konsep-konsep yang saya kira akan ada kesinambungan dengan Panglima yang lalu,” ujarnya.

Pun, Wiranto menyebut memimpin TNI itu tidak sulit karena semua konsep sudah terprogram dengan baik dan selalu ada kesinambungan. Kata dia, berbeda dengan pemerintahan sipil yang melalui pemilihan.

“Ini kan ndak, ini kan penunjukan (Panglima TNI). Dengan demikian, saya kira akan tetap solid,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 22 November 2023. Agus dilantik jadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

Dalam pelantikan Agus, hadir Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BIN Budi Gunawan, Jaksa Agung ST. Burhanuddin. Selain itu, ada deretan menteri kabinet Indonesia Maju seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Lalu, Ketua Wantimpres Wiranto, Ketua DPR RI Puan Maharani, serta tiga Kepala Staf Angkatan TNI.

Adapun, pelantikan Jenderal Agus sebagai Panglima TNI berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 102/TNI Tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Laksda TNI, Hersan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya