Mendarat Lagi, 214 Pengungsi Rohingya Kembali Ditolak Warga Sabang di Aceh

Ratusan pengungsi Rohingya mendarat lagi di Aceh.
Sumber :
  • AP Photo/Irwandi.

Aceh – Sebanyak 214 pengungsi Rohingya yang baru mendarat di Pantai Ujung Kareung, Sabang, Aceh ditolak warga setelah diberikan bantuan makanan. Pengungsi tersebut tiba di Sabang pada Rabu, 22 November 2023.

Respons Anies soal Semua Gugatan Sengketa Pilpres Ditolak Hakim MK

Kini warga masih menunggu keputusan pihak terkait untuk segera merelokasi pengungsi Rohingya yang terdiri dari laki-laki, wanita dan anak-anak tersebut.

“Masyarakat di Sabang memang menolak, mereka minta untuk dipindahkan dari Sabang,” ujar Naufal kepada wartawan.

10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

Ratusan pengungsi Rohingya mendarat lagi di Aceh.

Photo :
  • AP Photo/Irwandi.

Menurutnya alasan warga itu karena ramainya penolakan dari berbagai daerah di Aceh terhadap kedatangan Rohingya. Salah satu alasannya, sebut Naufal, karena berperilaku kurang baik dan tidak menghargai kearifan lokal di Aceh.

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Saat ini pengungsi Rohingya tersebut masih di Sabang sembari menunggu koordinasi dengan UNHCR dan IOM untuk dipindahkan ke Lhokseumawe.

“Yang jelas ini lagi rapat untuk menentukan langkah selanjutnya, yang jelas mereka akan diberangkatkan ke Lhokseumawe,” ucapnya.

Sebanyak 184 Pengungsi Rohingya mendarat lagi di Aceh.

Photo :
  • Istimewa.

Sejak tadi pagi pihaknya sudah memberikan bantuan sesuai stok bahan makanan yang ada di gudang Dinsos Sabang. Rencananya, pengungsi Rohingya tersebut bakal dipindahkan ke Lhokseumawe lewat jalur darat.

Diketahui sejak Selasa, 14 November 2023 pengungsi Rohingya yang sudah tiba di Aceh hingga kini sudah mencapai 1.500 orang dalam 6 gelombang. Mereka tersebar di Aceh Timur, Lhokseumawe, Bireuen dan Pidie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya