Baznas Kumpulkan Rp 91 Miliar Bantuan untuk Palestina, Akan Disalurkan dalam 3 Tahap

Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI akan menyalurkan bantuan dalam tiga tahap yakni pada masa darurat, pemulihan, dan pembangunan kepada Palestina.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA mengatakan, pendistribusian Infak Kemanusiaan Palestina Baznas dilakukan untuk bisa menopang keberlanjutan kehidupan masyarakat Palestina yang hingga kini masih dilanda perang.

"Penyaluran bantuan untuk Gaza, Palestina ini memerlukan strategi yang matang dan 'nafas panjang', untuk itu Baznas berkomitmen menyalurkan bantuan dalam tiga tahap ini. Baznas tidak hanya ingin membantu pada masa darurat, tetapi juga memastikan kelangsungan bantuan setelah situasi di Gaza, Palestina mereda," ujar Noor dalam keterangannya, Jumat 1 Desember 2023.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Ketua BAZNAS Noor Achmad.

Photo :
  • Andrew Tito/VIVA.

Noor mengatakan, respons masyarakat Indonesia sangat luar biasa dalam melakukan dan menyalurkan bantuan kepada Palestina.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

"Kami bersyukur kepada masyarakat Indonesia atas respons yang luar biasa. Infak yang telah kami terima mencapai Rp 91 miliar, dan ini sudah melebihi dari target yang dicanangkan. Sejauh ini Baznas telah menyalurkan sebesar Rp 21,2 miliar dengan total 81.943 penerima manfaat. Ini adalah bukti solidaritas kita yang luar biasa," ujarnya.

Adapun target penyaluran bantuan bagi masyarakat Palestina yang dilakukan oleh Baznas pada masa darurat ini adalah 30 persen dari dana yang terkumpul, lalu 20 persen untuk masa pemulihan, dan 50 persen lainnya untuk masa pembangunan.

Noor juga menjelaskan, pada masa darurat ini Baznas telah bekerja sama dengan lembaga-lembaga besar di Mesir untuk mempermudah penyaluran bantuan bagi masyarakat Palestina.

Lembaga tersebut di antaranya Mishr Al-Kheir, Bayt Zakat Wa As-Shadaqat, serta Egyptian Red Crescent Society (Hilal Ahmar Mesir).

Aksi NTB for Palestina di Mataram

Photo :
  • Satria Zulfikar

Lebih lanjut, ia mengatakan, Baznas bersama KBRI Mesir, dan pihak terkait akan terus berupaya untuk memastikan bantuan dapat sampai kepada masyarakat Palestina.

Noor juga memastikan, infak kemanusiaan Palestina yang disalurkan melalui Baznas ini dikelola dengan transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab. Infak yang disalurkan 100 persen akan disalurkan untuk masyarakat Palestina.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, Baznas Daerah, Lembaga Amil Zakat (LAZ), perusahaan, lembaga, para tokoh, dan seluruh elemen masyarakat Indonesia yang telah mempercayakan infaknya melalui Baznas RI. Mudah-mudahan Allah SWT memudahkan upaya kita bersama dalam membantu saudara-saudara kita di Gaza, Palestina," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya