Serentak Dipolisikan 6 Pelapor di Kasus Polisi Tak Netral, Aiman Witjaksono: Janggal!

 Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

Jakarta - Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono, memenuhi panggilan polisi setelah sebelumnya tidak hadir. Setibanya di Markas Polda Metro Jaya, Aiman mengaku janggal akan laporan yang dilayangkan terhadap dirinya. 

Polri Buru WN Iran Pengirim 'Kado' Berisi 20 Ribu Ekstasi dari Belanda-Belgia

"Saya terus terang merasa janggal dengan pelaporan ini," kata dia kepada wartawan, Selasa 5 Desember 2023.

Dirinya mengaku janggal lantaran adanya enam laporan polisi terhadap dirinya dibuat serentak pada satu hari yang sama. Kemudian, Aiman juga merasa aneh akan laporan ini lantaran dirinya dilaporkan atas ujaran kebencian terkait dengan SARA.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

"Pertama pelaporannya dilakukan satu hari serentak dengan enam pelapor sekaligus. Yang kedua saya dilaporkan atas ujaran kebencian yang terkait dengan SARA yang ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara. Tentu hal ini menjadi pertanyaan ada apa ini semua," kata dia.

Aiman Witjaksono

Photo :
  • Instagram @aimanwitjaksono
Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Meski begitu, dirinya mengklaim siap mengklarikasi pernyataannya tersebut. Aiman membawa sejumlah dokumen yang telah diserahkan ke tim hukum TPN yang mendampinginya hari ini.

"Dan saya sudah minta izin sebelumnya kepada ibu saya, istri saya, kepada anak-anak saya untuk menjalani klarifikasi," katanya.

Sebelumnya diberitakan, polisi mengagendakan lagi pemeriksaan terhadap Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono. Rencananya pemeriksaan dilakukan besok.

"Sebagai tindak lanjutnya, maka tim penyelidik kembali telah melayangkan surat undangan klarifikasi terhadap Aiman Witjaksono untuk dilakukan klarifikasi yang diagendakan dilakukan pada hari Selasa, 5 Desember 2023 pukul 09.00 WIB di ruang riksa Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya," ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Senin 4 Desember 2023.

Untuk diketahui, Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono menceritakan pengiriman surat panggilan dari Polda Metro Jaya pada malam hari sekitar jam 23.50 WIB. Menurut dia, pengiriman surat tersebut sangat tidak wajar karena mengganggu keluarganya yang sudah istirahat.

“Jelas itu jam menurut saya jam tidak wajar untuk mengantarkan undangan, untuk bertamu. Anak saya masih usia SMP dan SD, tentu terbangun dan kaget nanya kepada ibunya siapa yang ngebel,” kata Aiman di Jakarta pada Kamis, 30 November 2023.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya mengaku sudah menerima laporan polisi terhadap Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono. Hal itu diungkap Kepala Bidang Hubugan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko.

"Pelapor pada November sekira pukul 17.31 Wib telah membuat laporannya ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Metro Jaya," kata dia kepada wartawan, Selasa 14 November 2023.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu menyebut, saat ini pihaknya masih meneliti laporan itu. Caranya, dengan langkah klarifikasi awal terhadap pelapor. Sesuai dengan tahapan penyelidikan, kata dia, pihaknya bakal mulai mengundang sejumlah saksi guna dimintai keterangannya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya