Satu Lagi Jenazah Korban Erupsi Gunung Marapi Dievakuasi, Semua Pendaki yang Terdaftar Ditemukan

Petugas mengevakuasi jenazah korban erupsi Gunung Marapi di Nagari Batu Plano, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, untuk diidentifikasi Rumah Sakit Dr Achmad Mochtar, Bukittinggi, Selasa, 5 Desember 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Padang -- Satu jenazah korban erupsi Gunung Marapi sudah ditemukan pagi hari ini. Sehingga, menurut data pendaki di Posko BKSDA yang berjumlah 75 orang, sudah ditemukan seluruhnya.

FOKUS: Ciamis Berdarah

"Tadi pagi dapat informasi yang satu ini sudah menuju ke rumah sakit, jadi berdasarkan data sudah lengkap 75," kata Kabid Humas Polda Sumatera Barat, Kombes Pol. Dwi S, Rabu 6 Desember 2023.

Meski seluruh korban yang terdata sudah ditemukan, tapi proses penyusuran bakal terus dilakukan guna memastikan tidak ada lagi korban lain.

Badan Geologi Catat Masih Ada Erupsi Kecil dan Potensi Bahaya Gunung Ruang

Gunung Marapi di Sumatera Barat meletus

Photo :
  • Dok BNPB

"Data yang kita dapat 75 itu dari pendaki melalui yang terdaftar di online. Dikhawatirkan, masih banyak pendaki lain yang tidak mendaftar melalui aplikasi," kata dia.

Puluhan Korban Banjir dan Longsor di Luwu yang Terisolasi Dievakuasi dengan Helikopter

Dia menambahkan, menurut data dari posko pengaduan di rumah sakit (RS) hingga tadi malam masih ada 30 keluarga yang belum mendapat info keberadaan sanak saudaranya. Sehingga, penyisiran sampai sekarang masih terus dilakukan. "Berarti masih ada tujuh lagi yang harus dicari," kata dia.

Dwi menambahkan, saat ini situasi penyisiran di puncak Gunung Marapi terkendala cuaca. Hujan yang kerap turun membuat jalan pendakian jadi licin. Selain itu, kabut pun jadi tantangan proses evakuasi.

Bahkan, erupsi sendiri masih terus terjadi sampai sekarang. Masyarakat di sekitar Gunung Marapi, lanjut dia, masih beraktivitas seperti biasa. Pasalnya, lokasi erupsi jauh dari permukiman masyarakat.

“SDM daripada tim evakuasi ini memang tidak semua menguasai medan, jadi pada saat kegiatan evakuasi hari ketiga, kami mengikutsertakan masyarakat yang mengetahui situasi di sana,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya