Menhub Prediksi 107 Juta Orang Bakal Keluar saat Libur Nataru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku 107 juta orang bakal keluar saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan.

Jokowi Orders MLFF Implementation, Tapless Payment on Toll Road

"Saya menambahkan saja, bahwa riset ini dilakukan oleh kami dan beberapa lembaga yang kredibel. Sehingga menghasilkan suatu survei yang naik 43 persen dari tahun yang lalu, yaitu 107 juta (orang)," ucapnya kepada wartawan, Kamis 7 Desember 2023.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id
Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Menurutnya, ada beberapa data yang harus dicermati menurut hasil survei. Salah satunya soal kepergian pemudik guna liburan jumlahnya meningkat jadi 45 persen.

"Oleh karenanya, memang ada konsentrasi yang terjadi terutama di Yogyakarta dan sekitarnya yang menjadi tujuan utama, berarti nanti pergerakan-pergerakan darat itu akan menuju arah situ," katanya.

Evaluasi Mudik Lebaran 2024, Jokowi Minta Sistem Bayar Tol Tanpa Tapping

Ia minta semua stakeholder terkait agar mengantisipasi lonjakan saat berlibur di Bali. Menurutnya, bakal ada peningkatan jumlah wisatawan dari Ketapang ke Gilimanuk.

"Oleh karenanya, saya minta kepada stakeholders memberikan suatu dukungan, para Kapolda juga memberikan atensi pada tempat-tempat itu," katanya.

Budi pun memberikan atensi terhadap lonjakan penumpang pesawat di Indonesia bagian Timur. Ia berharap kasus penumpang yang tidak tertampung seperti tahun 2022 diharap tidak terulang.

"Kami akan menugaskan kpeda stakeholders untuk melakukan penambahan-penambahan ya di Indonesia bagian Timur, tapi juga Batam ke arah Medan. Hal lain yang akan kita perhatikan juga berkaitan dengan aviasi ya, saya minta pesawat-pesawat memang ini dilakukan rem check sehingga tidak ada lagi masalah-masalah pada saat liburan itu," katanya.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • Dok. Kemenhub

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan diprediksi bakal ada peningkatan arus lalu lintas saat libur natal 2023 dan tahun baru 2024. Hal itu diungkap pasca rapat koordinasi lintas sektoral dalam menghadiri persiapan rangkaian kegiatan Nataru.

"Dimana diprediksi dari Kementerian Perhubungan akan ada peningkatan terkait dengan arus mudik dan arus balik," ujar dia kepada wartawan, Kamis 7 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya