Jokowi Resmi Lantik Irjen Marthinus Hukom Jadi Kepala BNN

Irjen Polisi Marthinus Hukom dilantik sebagai Kepala BNN.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ahmad Farhan Faris

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Irjen Polisi Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 8 Desember 2023.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang pengangkatan Kepala Badan Narkotika Nasional dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Kabinet, Farid Utomo.

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 182/TPA tahun 2023, tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi utama di lingkungan Badan Narkotika Nasional. Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada 29 November 2023, yang diteken Presiden Jokowi.

Perintah Kepala BNN ke Anak Buah saat Kerja Cegah dan Berantas Narkoba

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menetapkan mengangkat Irjen Polisi Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional terhitung sejak saat pelantikan, dan kepadanya diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya setingkat menteri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-udangan,” ujar Farid membacakan surat Keputusan Presiden.

Doktor Ridwan Mansyur dilantik sebagai Hakim Konstitusi.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Ahmad Farhan Faris
Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Lantik Hakim Mahkamah Konstitusi

Di samping itu, Presiden Jokowi juga mengangkat Ridwan Mansyur sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), berdasarkan surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 98/P Tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatna Hakim Konstitusi yang diajukan oleh Mahkamah Agung.

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menetapkan mengangkat Doktor Ridwan Mansyur sebagai Hakim Konstitusi terhitung sejak saat pengucapan sumpah janji,” ujarnya membacakan surat Keputusan Presiden.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait pengangkatan Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Bapak Presiden telah menandatangani Keppres pengangkatan Bapak Irjen Polisi Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN yang baru,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana saat dikonfirmasi pada Senin, 4 Desember 2023.

Menurut dia, Komjen Petrus Golose telah memasuki masa purnatugas pada Sabtu, 1 Desember 2023. “Karena itu, pada tanggal 29 Desember 2023, Bapak Presiden telah menandatangani Keppres pemberhentian Bapak Petrus Golose sebagai Kepala BNN,” ujarnya.

Korps Bhayangkara menunjuk Inspektur Jenderal Polisi Marthinus Hukom jadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Hal itu diungkapkan Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo.

"Penggantinya Irjen Martinus Hukom," ucap dia kepada wartawan, Senin 4 Desember 2023.

Adapun hal itu karena Komisaris Jenderal Polisi Petrus R. Golose resmi pensiun dari jabatannya sebagai Kepala BNN.digantikan Marthinus Hukom kini menjabat sebagai Kepala Detaseman Khusus 88 Antiteror Polri.

Menurut Dedi, saat ini pihaknya masih menunggu proses pelantikan untuk Irjen Martinus Hukom yang menggantikan Komjen Petrus R. Golose. Lebih lanjut Dedi belum merinci, sosok yang akan menggantikan jabatan yang ditinggalkan Irjen Marthinus sebagai Kadensus 88 Antiteror Polri. "Untuk Keppres sudah turun tinggal menunggu pelantikan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya