5 Pekerja Puskemas di Papua Pegunungan Hilang, 2 Ditemukan Tewas dan 3 Masih Pencarian

jenazah dievakuasi aparat di Papua Pegunungan (Ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan.

Papua Pegunungan –  Lima orang pekerja Puskesmas di Distrik Bruwa, Kabupaten Lany Jaya, Papua Pegunungan, hilang pada Sabtu (9/12). Dari lima pekerja Puskesmas yang hilang ini, dua orang ditemukan meninggal dunia dan tiga orang lainnya masih dalam pencarian.

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

“Kami pemerintah mengucapkan belasungkawa atas kejadian di Distrik Bruwa Kabupaten Lanny Jaya yang mengakibatkan 5 pekerja puskemas hilang,”kata Plh. Bupati Lanny Jaya, Petrus Wakerwa dalam siaran persnya didampingi Kapolres Lanny Jaya AKBP Umar Nasatekay dan Pasi Ops Satgas 721/Mks Lettu Inf. Rizki Ardi beserta para muspida pemerintah Kabupaten Lanny Jaya, Minggu 10 Desember 2023.

Aparat Gabungan TNI, Polri kembali menemukan 6 jenazah warga pendulang emas di Yahukimo, Papua Pegunungan.

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan.
Viral Isak Tangis Bocah Pecah Melihat Kepergian Ibunya yang Tewas Dibacok Ayahnya: Kenapa Bukan Aku?

Petrus Wakerkwa menjelaskan, kejadian hilangnya 5 orang pekerja puskemas itu bukan dilakukan dari kelompok yang berseberangan dengan kita atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Kejadian waktu itu murni bukan dari teman-teman yang berseberangan dari kita, namun setelah ditelusuri dari berbagai informasi dari kepala Distrik dan tokoh-tokoh masyarakat maupun petugas keamanan yang ada di sana serta tokoh gereja bahwa yang mengancam adalah dari warga Distrik Bruwa dengan tuntutan antara pihak tukang dengan warga setempat," ucapnya.

Korban Banjir Bandang Brasil Bertambah Menjadi 83 Orang

Plh Bupati Lanny Jaya Petrus Wakerwa, menyampaikan turut prihatin dan bela sungkawa atas hilangnya kelima orang yang berkerja dalam pembangunan puskesmas di Distrik Bruwa. 

"Dari lima pekerja, tiga orang masih belum ditemukan, pemerintah daerah bersama TNI, Polri serta masyarakat setempat masih melakukan pencarian, " ujarnya. 

Petrus Wakerwa menuturkan, atas kejadian ini pemerintah daerah dan masyarakat Lanny Jaya  menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya kepada keluarga yang ditinggalkan atas kejadian ini dan kejadian ini bukan direncanakan dan bukan disengaja.

"Kami pemerintah daerah merasa kecewa atas kejadian ini, maka seluruh pemerintah dan masyarakat Lanny Jaya. Saya berharap kepada Polres Lanny Jaya memanggil kepala Distrik dan tokoh-tokoh yang ada Distrik Bruwa, karena ada tiga warga yang mengancam untuk diperiksa dan memberikan klarifikasi,”tegas Petrus Wakerwa.

Ia menegaskan, jangan sampai ada aktor-aktor atau skenario-skenario dalam peristiwa ini yang bisa merugikan kegiatan pembangunan puskesmas di Distrik Bruwa. “Ada target-target lain yang akan mengganggu keamanan di wilayah itu, karena seluruh pemerintah dan masyarakat Lanny Jaya mengharapkan agenda pemilu 2024 sampai dengan hari berlangsung aman," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya