Pengganti Wamenkumham Eddy Hiariej, Presiden Jokowi Jawab Begini

Presiden Jokowi berikan keterangan pers.
Sumber :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengaku belum menentukan siapa pengganti Wakil Menteri Hukum dan HAM atau Wamenkumham, yang ditinggalkan Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej, pasca mengundurkan diri pekan lalu.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Seperti diketahui, Eddy kini berstatus sebagai tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam kasus gratifikasi.

Kepala Negara beralasan, karena saat ini masih ada Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly, sehingga Kemenkumham tetap berjalan baik. 

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

"Belum, belum, belum. Kan masih ada Pak Menteri (Yasonna)," kata Presiden Jokowi ditanyai awak media di Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Pemeriksaan Wamenkumham Eddy Hiariej di Gedung KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Yasonna sendiri sebelumnya mengatakan, bahwa sosok pengganti Wamenkumham merupakan keputusan Presiden. 

“Presiden akan menentukan," kata Yasonna. 

Pada perkaranya di KPK, Eddy Hiariej diduga menerima gratifikasi dari Helmut Hermawan. Helmut Hermawan yakni Dirut PT Citra Lampia Mandiri (CLM). 

Eddy diduga menerima suap dan gratifikasi melalui Yosi Andika Mulyadi. Yosi adalah pengacara Eddy dan Yogie Arie Rukmana selaku asisten pribadi Eddy. 

Namun, meski sudah mengundurkan diri dari Wamenkumham hingga kini Eddy belum ditahan KPK. Dia mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya