Nawawi Sebut Prestasi Pemberantasan Korupsi Mandeg 10 Tahun Terakhir

Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango
Sumber :
  • KPK

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara, Nawawi Pomolango mengakui Indeks Persepsi Korupsi (IPK) selama 10 tahun terakhir tidak meningkat secara siginifikan. Hal itu, ungkap Nawawi, berdasarkan data yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS).

Ganjar Serukan "Membuka Ruang Check and Balances" bagi Pemerintahan

"Kita lihat bagaimana skor Indeks Persepsi Korupsi-IPK yang tidak meningkat secara signifikan dan stagnan dalam satu dekade ini," kata Nawawi di acara Hakordia 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia)

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
BPK Janji Usut Oknum Auditor yang Palak Kementan Rp 12 Miliar Agar Dapat WTP

Lebih lanjut, Nawawi mengatakan, Survei Penilaian Integritas-SPI yang dilaksanakan KPK mengukur praktek korupsi pada seluruh instansi pemerintah di pusat dan pemerintah daerah. Serta, responden internal dan eksternal menyatakan bahwa korupsi masih ada yang ditunjukkan dengan skor nasional yang menurun. 

Melalui peringatan hari antikorupsi sedunia kali ini, KPK merasa sinergi antar semua elemen bangsa perlu diperkuat.  

KPK Ngaku Ada Pihak yang Menghambat Kasus TPPU Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba

"Pemberantasan dan pencegahan korupsi tidak dapat dilakukan hanya melalui aspek kelembagaan, dengan pembentukan lembaga/unit kerja baru, atau hanya aspek regulasi melalui penerbitan UU, PP, Perpres dan selanjutnya, atau hanya bersandar pada kinerja Aparat Penegak Hukum," kata Nawawi.

Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango dilantik sebagai Ketua KPK di Istana Negara

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Nawawi berharap Presiden dapat mendorong kembali segala upaya untuk pemberantasan korupsi di Indonesia, demi masa depan generasi. 

Diterangkannya, sinergitas gerak dari seluruh elemen bangsa harus kembali dipimpin untuk bergerak maju, bukan hanya sinergi antar aparat penegak hukum saja, tetapi juga sinergi antar pemerintah dengan masyarakat, dengan dunia usaha.

"Kami di KPK berharap sangat agar Bapak dapat memimpin upaya pemberantasan korupsi ke depan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat secara kelembagaan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya