KPK Minta Jokowi Pimpin Sinergi Antar Lembaga untuk Berantas Korupsi

Peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia)
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar acara puncak Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Resmikan Pendidikan Dokter Spesialis, Jokowi: Banyak Keluhan dari Daerah

Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango mengungkapkan sengaja memilih tema ‘Sinergi untuk Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju’ pada peringatan Hakordia 2023.

Dalam pidatonya, Nawawi menekankan pentingnya sinergi antar seluruh lembaga untuk memberantas praktik rasuah di Indonesia. “Sengaja kami mengambil tema sinergi untuk berantas korupsi, untuk Indonesia maju. Karena kami merasa sinergi antar semua elemen bangsa perlu diperkuat,” kata Nawawi. 

Hari Ini Hakim MA Gazalba Saleh Bakal Diadili di PN Jakpus

Menurut mantan hakim Pengadilan Tipikor itu, pemberantasan dan pencegahan korupsi tidak bisa dilakukan hanya melalui aspek kelembagaan dengan pembentukan lembaga atau hanya aspek regulasi melalui penerbitan UU, PP, Perpres atau hanya bersandar pada kinerja aparat penegak hukum.

Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango

Photo :
  • KPK
Presidential Club Upaya Prabowo Subianto Solidkan SBY, Megawati dan Jokowi

“Sinergitas gerak dari seluruh elemen bangsa harus kembali dipimpin untuk bergerak maju. Sekali lagi bukan hanya sinergi antar aparat penegak hukum saja, tetapi juga sinergi antar pemerintah dengan masyarakat, dengan dunia usaha,” ujarnya. 

Melihat situasi belakangan ini, Nawawi berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa mendorong kembali segala upaya untuk pemberantasan korupsi di Indonesia. Pada acara ini, Jokowi dan sejumlah menteri turut hadir. 

"Kami di KPK berharap sangat agar Bapak dapat memimpin upaya pemberantasan korupsi ke depan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat secara kelembagaan,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya