Paus Fransiskus Hadiahi Megawati Dua Buku, Puan: Implementasi Pancasila Tercantum di Sana

Megawati Didampingi Puan Maharani Menuju Istana Apostolic Vatikan
Sumber :
  • PDIP

JakartaPaus Fransiskus memberi dua buah buku kepada Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dalam pertemuan di Vatikan, pada Senin siang waktu setempat. Kedua buku itu adalah karya Paus Fransiskus ini berjudul ‘Laodato Si’ dan ‘Laudate Deum’. Kedua buku itu berisi tentang krisis iklim dan krisis kemanusiaan.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Pertemuan dengan Paus Fransiskus digelar di Istana Apostolik atau Kepausan, di Vatikan. Megawati dan rombongan juri Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia atau Zayed Award for Human Fraternity 2024 menggelar dialog dengan Paus Fransiskus. Putri prokalamtor Bung Karno itu adalah salah satu juri bersama 5 tokoh dunia.

Setelah itu, Megawati melakukan pertemuan khusus dengan Paus Fransiskus di salah satu ruangan di Istana Apostolik, Vatikan. Dalam keterangan persnya, turut mendampingi Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani, Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey dan Ketua DPP PDIP bidang Hukum, Yasonna Laoly.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Puan mengaku kalau dialog dengan Paus dan Megawati adalah soal toleransi dan perubahan iklim. Usai pertemuan dan dialog selama 15 menit itu, Megawati dihadiahi du buku dari Paus Fransiskus.

“Kami tadi diberikan buku. Dua buku oleh Paus Fransiskus yang mana di dalam buku itu Paus terkait global warming,” kata Puan Maharani.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Puan mengaku kala buku itu sangat bagus. Bahkan kata Puan, secara langsung isi dari buku itu mengajarkan implementasi dari nilai-nilai Pancasila. Walau tidak menyebut itu sebagai Pancasila.

“(Buku karya Paus) tidak langsung menyatakan Pancasila tetapi langsung implementasi dengan apa yang ada di Pancasila sepertinya tercantum dalam buku tersebut,” ucap Puan.

“Tadi Paus memberikan langsung terhadap dua buku yang ditulisnya,” sambung dia.

Paus berharap buku itu bisa diajarkan ke banyak orang, juga disebarkan. Puan yang merupakan cucu Bung Karno, itu juga menyebut kalau buku tersebut juga ditanda tangani oleh Paus.

“Iya, buku itu juga ditandatangani langsung oleh Paus Fransiskus,” jelas dia.

Sebagai informasi, pertemuan antara Paus Fransiskus dengan Megawati dan rombongan berlangsung sangat hangat. Di mana, Paus Fransiskus memerima Megawati dan rombongan di salah satu ruang.

Anggota Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama Takhta Suci Vatikan, Romo Markus Solo Kewuta SVD pun berkesempatan menjadi penerjemah dalam pertemuan Paus Fransiskus dengan Megawati dan rombongan.

Paus Fransiskus dan Megawati pun berdialog dan membahas sejumlah hal yang menjadi perhatian. Diantaranya, soal kerukunan antar umat beragama dan ancaman perubahm iklim yang membahayakan alam dan manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya