Momen Megawati Berikan Kain Batik ke Paus Fransiskus

Megawati Soekarnoputri berikan kain batik ke Paus Fransiskus
Sumber :
  • Istimewa

Roma - Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIPMegawati Soekarnoputri memberikan bingkisan berupa kain batik kepada Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Di mana, pemberian batik dari Megawati kepada Paus Fransiskus dilakukan usai menggelar audensi di Istana Apostolik, Vatikan, pada Senin, 18 Desember waktu setempat.

Dalam pertemuan itu, Megawati tampak didampingi oleh Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Menkumhan sekaligus Ketua DPP PDIP Yasonna Laoly, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey dan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Presiden Kelima RI Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik, Vatikan, pada Senin (18/12/2023).

Photo :
  • ANTARA/Monang Sinaga.

Mulanya, pertemuan Paus Fransiskus dengan Megawati dan rombongan berlangsung sangat hangat selama kurang lebih 15 menit. 

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Sejumlah isu pun dibicarakan saat pertemuan Paus Fransiskus dan Megawati bersama rombongan. Mulai dari isu toleransi beragama hingga kepedulian terhadap lingkungan dan alam.

Paus Fransiskus juga menitipkan pesan kepada Megawati dan rombongan, agar nilai toleransi yang ada di Indonesia terus dijalankan dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Menutup pertemuan, Paus Fransiskus juga menyerahkan dua bukunya yang terakhir yang dibubuhi dengan tanda tangan pribadi kepada Megawati dan rombongan.

Adapun, kedua buku itu yakni Buku Laudato Si dan Laudate Deum membahas bagaimana memelihara lingkungan hidup berjudul Laudato Si’ dan Laudate Deum.

Megawati juga memberikan hadiah kepada Paus Fransiskus berupa kain batik. Di mana, kain batik itu dibungkus dengan kotak berwarna cream.

Megawati pun menyerahkan langsung kepada Paus Fransiskus. Paus pun menerima dengan sangat ramah pemberian dari Megawati itu.

Megawati Soekarnoputri Bertemu Paus Fransiskus

Photo :
  • PDIP

Hari ini, sela-sela kegiatan di Roma, Italia, Megawati mengamini soal dirinya memberikan batik kepada Paus Fransiskus. 

Dia juga menyampaikan, pemberian batik kepada Paus Fransiskus sebagai bagian dari mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

Apalagi, Megawati sangat menghargai karya seni dan budaya Indonesia.

“Oh iya memberikan batik kepada Paus Fransiskus. Saya sangat menghargai seni budaya kita,” ucap Megawati.

Selain itu, Megawati juga menilai bahwa warisan batik perlu diperlihara dan dijaga. Sebab, kondisi saat ini sangat menghawatirkan akibat masuknya budaya luar.

“Ternyata begitu banyak batik itu yang tidak terpelihara dan sangat dikhawatirkan itu akan punah. Lalu yang kedua, adalah orang-orang, karena itu adalah talenta yang luar biasa. Dan dengan berjalannya modernisasi, banyak anak-anak muda yang tidak menghargai, hanya tahu, ‘saya pakai batik’,” kata Megawati.

“Tetapi bagaimana membuat batik, betapa susahnya, dan tidak semua orang bisa melakukan hal itu sehingga, itulah mengakibatkan semakin menghilang,” tegas Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya