Bantu Pemerintah Percepat Penurunan Angka Stunting, Pelindo Lakukan Program Sosial Ini

Cegah Stunting. Sumber : ANTARA News
Sumber :
  • vstory

Jakarta – PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL), sebagai bagian dari subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero), menegaskan komitmennya untuk mendukung program Pemerintah, terutama terkait upaya percepatan penurunan angka stunting nasional melalui Gerakan Anti Stunting, Keluarga Harapan (GASKEN). 

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

“PT SPSL berkomitmen menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang secara langsung mempengaruhi aspek kehidupan masyarakat. Melalui program GASKEN, SPSL berupaya ambil bagian dalam mencegah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak Indonesia, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan,” kata Kiki M. Hikmat, Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL, saat acara peluncuran program GASKEN, di Jakarta, Selasa, 19 Desember 2023.

Ilustrasi stunting

Photo :
  • Direktorat P2PTM Kemenkes
NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Program GASKEN dirancang untuk mengakomodasi 100 orang balita di wilayah Jakarta Utara. SPSL juga memberikan program kesehatan dengan menyediakan 15 unit timbangan bayi digital, pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan kesehatan, dan paket PMT (Pemberian Makanan Tambahan). 

“Kesehatan anak menjadi faktor utama bagi terwujudnya masyarakat yang sehat dan masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

"SPSL bertekad menyukseskan target Pemerintah dalam menurunkan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024. Kami berharap melalui semangat kolaborasi, sedapat mungkin kita mampu mensukseskan percepatan penurunan stunting nasional,” tambahnya.

Dijelaskan, program GASKEN yang diinisiasi SPSL sejalan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), terutama pada tujuan ketiga yaitu kesehatan dan kesejahteraan yang baik (good health and well being).

Program ini diarahkan untuk memberikan layanan kesehatan kepada balita, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan stunting dan pneumonia, serta meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak.

Cegah Stunting. Sumber : ANTARA News

Photo :
  • vstory

Dalam upaya menunjang tujuan pembangunan berkelanjutan, SPSL secara konsisten melaksanakan program TJSL di bidang kesehatan sebagai bagian dari upaya mempercepat kesejahteraan masyarakat.

Nani, Lurah Kelurahan Rawa Badak Utara, menyambut baik langkah SPSL Group dalam program TJSL GASKEN. Dia menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi, yang dinilai sangat bermanfaat mendukung program Pemerintah dalam menurunkan angka stunting. Terlebih lagi, kegiatan ini dilakukan seiring dengan peringatan Hari Ibu ke-95.

"Diharapkan melalui kegiatan ini, negara dapat menjadi lebih kuat dan maju berkat peran ibu-ibu yang melahirkan generasi penerus bangsa," kata Nani.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada SPSL Group atas kontribusi menurunkan angka stunting di Indonesia. Timbangan yang diberikan akan kami distribusikan ke posyandu di Kelurahan Rawa Badak Utara," ujarnya.

Selain itu, Nuraini, salah satu orang tua yang memiliki anak berusia 3 tahun, mengungkapkan kegembiraannya karena dapat terlibat dalam program tersebut. Baginya, program ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak.

"Kami berterima kasih kepada SPSL dan PT Menara Maritim Indonesia/MMI (Anak Perusahaan SPSL) atas program GASKEN ini. Program ini sangat membantu meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak. Kami juga mendapatkan konsultasi kesehatan anak, pengetahuan tambahan mengenai kesehatan, dan penerimaan paket PMT," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya