Libur Natal dan Tahun Baru 2024, KAI Daop 4 Kerahkan 16 Loko dan 133 Kereta

Suasana penumpang di Stasiun Semarang Tawang jelang Nataru.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Semarang – Memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru, KAI Daop 4 Semarang mengoptimalkan seluruh armadanya, yaitu 16 lokomotif dan 133 kereta yang digunakan untuk 33 kereta api (KA) keberangkatan awal dari Daop 4 Semarang. Dengan kekuatan armada itu, maka bisa memiliki kapasitas berjumlah 322.488 tempat duduk atau rata-rata 17.916 tempat duduk per hari.

KAI Tambah 7 Kereta Api di Libur Long Weekend, Simak Rute-rutenya

Menurut Kepala Daerah Operasi 4 Semarang KAI, Daniel Johannes Hutabarat, jumlah rata-rata tempat duduk pada Nataru tahun ini yang berjumlah 17.916, meningkat dari program sebelumnya yang 17.402 tempat duduk per hari.

“KAI memaksimalkan pelayanan semua moda dengan penambahan stamformasi pada kereta api untuk mendukung liburan nataru,” kata Daniel, di Stasiun Tawang Semarang, Kamis, 21 Desember 2023.

Remaja 17 Tahun Betah Tinggal di Gerbong Kereta Api, Habiskan Ratusan Juta dalam Setahun

Suasana penumpang di Stasiun Semarang Tawang jelang Nataru.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Pada momen libur Nataru tahun ini, Daop 4 memaksimalkan stamformasi beberapa KA keberangkatan Daop 4 Semarang. Di antaranya, KA Argo Merbabu relasi Semarang Tawang - Gambir pp yang semula membawa 8 kereta eksekutif menjadi 9 kereta.

Ada Korban Meninggal Akibat Tabrakan KA Pandalungan Vs Mobil di Pasuruan, Perjalanan KA Terganggu

Kemudian, KA Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang-Pasar Senen pp yang semula membawa 6 kereta ekonomi new image menjadi 8 kereta.

Serta KA Kaligung relasi Semarang Poncol - Tegal - Brebes pp yang semula membawa 6 kereta ekonomi new image menjadi 7 kereta.

Sedangkan volume penumpang yang naik menggunakan moda transportasi kereta api selama periode masa angkutan Nataru 2023/24 di wilayah Daop 4 Semarang diprediksi sebanyak 361.248 penumpang, atau naik 28% dibanding periode yang sama masa Angkutan Nataru 2022/23 sebanyak 281.146 penumpang.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya