Operasi Lilin 2023 Amankan Nataru Digelar Mulai Besok, Wakapolri Tekankan Hal Ini

Wakapolri, Komjen Pol Agus Andrianto.
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta -- Ribuan personel gabungan dari TNI-Polri, serta stakeholder terkait dikerahkan dalam Operasi Lilin 2023, dalam rangka pengamanan perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru 2024. Operasi dimulai selama 12 hari terhitung mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

“Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya, yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan,” ujar Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto kepada wartawan, Kamis, 21 Desember 2023.

Menurut dia, perayaan Natal dan tahun baru kali ini bertepatan dengan masa kampanye, sehingga ada potensi kerawanan yang lebih tinggi. Untuk itu, ia mengingatkan perlu antisipasi gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), serta keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang berpotensi akan terjadi saat perayaan Nataru 2024.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

Komjen Pol Agus Andrianto.

Photo :
  • ANTARA

“Pada Nataru tahun 2024 ini Polri dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan kamseltibcarlantas dan kamtibmas yang harus diwaspadai,” katanya.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Menurut dia, Polri bersama stakeholder terkait pun menerbitkan susunan runtutan kerja (SKP) yang memuat tentang pembatasan operasional angkutan barang, penempatan rekayasa lalu lintas, pengendalian arus lalu lintas, penyeberangan laut, dan penundaan perjalanan. Dalam rangka mengantisipasi kepadatan penumpang, pada titik pelayanan moda transportasi umum dilakukan pengaturan jadwal keberangkatan.

“Dorong pembelian tiket secara online, dan pengaturan harus keluar masuk bersama dengan stakeholder terkait. Selain itu laksanakan patroli jalan kaki guna mencegah terjadinya kejahatan,” ujar Agus.

Sementara itu, Kepala Staf Umum TNI (Kasum) TNI, Letjen TNI Bambang Ismawan berharap semua personel yang disiapkan sudah menguasai tugas sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada. Dia yakin seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 mampu melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi, semangat disiplin, tanggung jawab, dan loyalitas tinggi.

“Saya berharap seluruh personel dan kelengkapan yang disiapkan telah benar-benar dalam keadaan siap operasional dan masing-masing personel memahami dan menguasai tugas dan fungsinya sesuai SOP yang berlaku,” kata Bambang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya