Bangun Gedung Polres, Jokowi: IKN Harus Jadi Kawasan Bebas Kriminalitas

Presiden Jokowi groundbreaking pembangunan gedung polres khusus kawasan IKN
Sumber :
  • ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan-Mohammad Solih Januar

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor (Polres) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis, 21 Desember 2023.

Megawati dan Cucu Suka K-Pop

“Alhamdulillah, hari ini kita akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Polres khusus kawasan IKN di atas lahan seluas 6.189 meter persegi. Ini bukan luas lahannya, seinget saya 12 hektar. Ini adalah luas bangunan dan pembangunan akan dibangun sekitar 9 bulan,” kata Jokowi.

Jokowi groundbreaking proyek di IKN.

Photo :
  • Biro pers Istana.
Kunjungi Pasar Laino Raha, Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga Muna

Kemudian, Jokowi menitipkan pesan karena Polres ini adalah Polres khusus di IKN. Maka, Jokowi meminta supaya gedungnya didesain khusus yaitu gedung yang green building, karena ini kawasan hijau, lingkungan hijau. “Saya minta untuk desain untuk desain Polresnya sedikit dikoreksi agar muncul green building-nya,” jelas dia.

Selain itu, kata Jokowi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan akan ada CCTV di semua sudut termasuk command center, analisis untuk artificial intelligence (AI). Memang, Jokowi meminta agar sejak awal disiapkan dan direncanakan secara komplet atau lengkap.

Ada Aturan Baru, Bos BPJS Kesehatan Wanti-wanti RS Jangan Kurangi Tempat Tidur Rawat Inap

“Ini akan kita jadikan contoh bahwa Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman, dan tidak ada kejahatan sama sekali ke depan, yang berkaitan dengan kriminalitas utamanya dalam rangka menjaga dan melindungi warga di Ibu Kota Nusantara, sehingga nanti bisa dijadikan contoh untuk kota-kota yang lainnya, termasuk tentu saja organisasinya harus betul-betul disiapkan secara khusus,” ungkapnya.

Presiden Jokowi tinjau pembangunan infrastruktur IKN

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Oleh karenanya, Jokowi berharap kehadiran Polres khusus IKN ini betul-betul akan meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, memperkuat penegakan hukum, meningkatkan stabilitas dan keamanan di wilayah IKN. 

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Kepolisian Negara RI Resor Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara, secara resmi saya nyatakan dimulai,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya