Batal Laporkan Zulhas soal Dugaan Penistaan Agama, CMMI Ungkap Alasannya

Menteri Pedagangan (Mendag) Hasan (Zulhas)
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – DPP Cendekia Muda Muslim Indonesia (CMMI) mengurungkan niatnya untuk melaporkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas ke Mabes Polri atas pernyataannya yang diduga menistakan agama Islam, pada Kamis, 21 Desember 2023.

Terpopuler: Gempa Garut, Dewas Bongkar Perilaku Wakil Ketua KPK, Keluarga Polisi ke Jakarta

Hal tersebut diketahui dari beredarnya sebuah surat pemberitahuan ke seluruh anggota DPP CMMI, PP Muslimah CMMI, anggota & pimpikan PP Korps Peduli Kemanusiaan CMMI, Komandan Brigade CMMI Majelis Ta'lim CMMI Pusat dan Pimpinan OKP IsIam atau Ormas IsIam terkait pembatalan laporan tersebut.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia
Harley Davidson Kecelakaan di Probolinggo, Pasutri Tewas

Salah satu alasannya yaitu karena pelaporan tersebut berpotensi ditunggangi oleh kelompok tertentu yang ingin memecah belah bangsa. CMMI tak ingin perpecahan terjadi akibat adanya pelaporan itu.

"Cendekia Muda Muslim Indonesia (CMMI) tidak menginginkan gerakan nya ditunggangi oleh kelompok tertentu yang bisa memecah belah sesama anak bangsa," bunyi surat pemberitahuan tersebut.

Polisi Bongkar Home Industri Narkoba Sintetis di Perumahan Mewah Sentul

Surat pemberitahuan yang mencantumkam nama Ketum DPP CMMI Anhar Tanjung dan sejumlah pengurus lainnya itu juga berisi permintaan maaf kepada semua pihak yang sudah bersedia bergabung dengan CMMI untuk melaporkan Zulhas.

“DPP Cendekia Muda Muslim Indonesia (CMMI) meminta maaf kepada semua pihak terutama Pimpinan Ormas Islam, Pimpinan OKP IsIam dan rekan - rekan media yang sudah konfirmasi kesediaannya untuk gabung pada aksi akbar dan laporan Zulkifli Hasan, bahwa Cendekia Muda Muslim Indonesia (CMMI) urunkan niatnya untuk melaporkan Zulkifli Hasan di Mabes Polri pada tanggal 21 Desember 2023,” tegas CMMI 

Dalam surat pemberitahuan tersebut, DPP CMMI juga menyampaikan alasan membatalkan niatnya melaporkan Zulkifli Hasan. Pertama,  setelah di telusuri memang benar ada 1, 2 dan 3 kelompok masyarakat melakukan hal serupa seperti yang disampaikan Zulkifli Hasan.

"Sehingga Zulkifli Hasan menceritakan kejadian tersebut pada saat memberikan sambutan pada kegiatan Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI),” jelas surat pemberitahuan tersebut.

DPP CMMI juga mengungkapkan, candaan dan guyonan serupa juga pernah dilakukan oleh Ustad Adi Hidayat (UAH) dan Ustad Abdul Somad (UAS) bahkan Anies Baswedan Calon Presiden RI Nomor satu.

“Cendekia Muda Muslim Indonesia dalam menentukan sikap, tentu berpedoman dalam 6 landasan CMMI, salah satunya meminta masukan para Kiyai, Ulama dan Para Dewan Pakar Cendekia Muda Muslim Indonesia (CMMI),” tegas bunyi surat pemberitahuan tersebut.

Ilustrasi Reserse Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Atas sejumlah alasan itu, DPP CMMI meminta seluruh kader dan masyarakat untuk tidak ke Mabes Polri. “Cendekia Muda Muslim Indonesia (CMMI) mengajak seluruh kader CMMI dan masyarakat pada umumnya untuk tidak ke Mabes Polri pada hari ini,” bunyi surat tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya